Kamis, 21 April 2011

Dua Veronika: Ibu Kita Kartini?

Ini tentang dua Veronika. Dua cewek dengan nama sama, yaitu Weronika dari Polandia dan Veronique dari Prancis. Dua orang yang sama secara fisik tapi beda dunia. Saya berpikir mereka kembar tapi terpisah sejak lahir dan diasuh oleh dua keluarga yang tak saling berhubungan.


Film yang sangat berkesan ini yang dalam bahasa Inggris berjudul Double Life of Veronique dibintangi oleh aktris cantik Irene Jacob yang memerankan keduanya. Tak sedang bicara tentang dua orang kembar yang terpisah kemudian bertemu kembali, film ini menampilkan misteri hidup dimana sering ditemui ada manusia berpenampilan hampir sama dengan sifat yang sama padahal mereka tidak saling kenal bahkan tak terikat hubungan keluarga. Saya pernah mendapatkan penjelasan dari seseorang bahwa di dunia ini ada tujuh orang yang memiliki kemiripan satu sama lain, tapi saya tidak yakin walau sering memikirkannya.

Dua Veronika ini tak pernah berjumpa, cuma sekali dalam sebuah kekacauan di sebuah lapangan Veronique yang saat itu ada di sebuah bus memotret peristiwa keadaan yang berlangsung dan tanpa sengaja bidikannya merekam Weronika yang saat itu sedang bengong melihat ada orang lain yang secara fisik sama dengan dirinya, bahkan dengan warna pakaian yang sama pula. Weronika setelah peristiwa itu kemudian meninggal dunia dalam konser, Weronika seorang penyanyi (vidio)

Dua wanita ini sama-sama menyenangkan. Keduanya mandiri dengan kesibukannya. Keduanya ditampilkan dalam film produksi tahun 1991 karya Krzysztof Kieślowski ini hanya memiliki ayah. Karena tak ada ibu dalam film inilah kemudian saya berpikir jangan-jangan mereka kembar yang terpisah sejak bayi, karena ditampilkan keduanya seperti memiliki keterikatan emosional. 

Siapakah ibu keduanya jika memang mereka itu kembar, Kartini kah? Saya bertanya demikian bukan hanya karena sekarang kita sedang memperingati Hari Kartini, tapi lebih karena rasanya dari kecil atau semenjak masa sekolah kita seperti dipaksa agar menganggap Kartini sebagai ibu bersama. Tentu kita masih ingat dengan lagu: Ibu kita Kartini...

Kartini yang dikenal sebagai wanita pelopor emansipasi saya pikir layak menjadi ibu dari dua Veronika itu yang sangat aktif dan penuh gairah sebagai wanita muda.  Walau bukan dari Indonesia, toh semua kita tahu bahwa Kartini yang dari Jepara itu terkenal juga karena temannya yang ada di Eropa. Surat-surat Kartini yang kemudian diterbitkan dengan judul Habis Gelap Terbitlah Terang itu yang membuatnya terkenal. Dan walaupun cuma dalam film, dua Veronika yang saya merasa mereka kembar, ibunya saya inginkan Kartini saja.


21 komentar:

IbuDini mengatakan...

Om...apa beneran ini di filmkan, jika ia saya penasaran ingin melihatnya...apa kelanjutan dari cerita ini.

Muhammad A Vip mengatakan...

ibudini:di youtube ada potongan potongan film ini, lihat aja bu.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

saya baru tau ada fllm ini. kirain veronica itu siapa.

Muhammad A Vip mengatakan...

Fany:hehehe...kemarin selasa malam saya menontonnya di Bentara Budaya.

Rawins mengatakan...

cari link donlotnya dulu ah..
komentarnya tar kalo dah nonton..

Muhammad A Vip mengatakan...

Rawins:monggo...asal jangan keasyikan.

arie sshi mengatakan...

produksi th 1991...???
berarti dah lama banget dong....

lidya mengatakan...

DVD nya sudah ada belum ya?

Nova Miladyarti mengatakan...

mari kita nyanyi lagu kartini bareng2 mas,hhhee:P

Aina mengatakan...

Kartini meninggalnya kan masih muda.... sempet punya anak kembar jug???? hehe

Musyafak Timur Banua mengatakan...

hhhmmm, nggak bisa bayangin kalo suatu hari saya ketemu 'kembaran' saya kayak dalam film Duo Veronica ini. pingsan mungkin ya...

Bunda Loving mengatakan...

ya.baru tahu aaada flim ini...jd penasaran pingin nonton....

alkatro mengatakan...

mirip wajah ada jugayang bukan sodara fabian opo apa ya istilahnya -
njajal ngeklik link yu tubnya mas.. maturnuwun - ke TKP.. mbremmm

attayaya-mading mengatakan...

ok...
kita urus akta kelahirannya langsung

TUKANG CoLoNG mengatakan...

seandainya kamu yg bikin pilmnya.. :D

B.S.U. mengatakan...

wah kyaknya bagus neh

niee mengatakan...

Waahh,, filmnya keren banget sepertinya,,

aku juga sering tuh mendengar bahwa kita punya 6 kembaran yang wajahnya mirip banget di seluruh dunia,, jadi penasaran,, andai google ada metode search wajah yak..

CORETAN HIDUP mengatakan...

Wah, membaca sinopsis diatas aku penasaran banget dengan film veronika ini. Aku tuh paling senang dengan film yang bertemakan dengan kehidupan dan mengekplore tentang tokoh seseorang yang mungkin agak misterius. Hmmm...mengenai keinginan mas yang menginginkan Kartini menjadi ibu dari kedua veronika tsb, aku setuju saja deh :)

Muhammad A Vip mengatakan...

di youtube ada potongan-potongan filmnya, kalo dvd-nya coba saja cari.

Popi mengatakan...

tuh kan kebiasaan!! mana jadwal dan tayang dimana????

Muhammad A Vip mengatakan...

Popi:bukannya sudah tak kirimi jadwalnya?