Rabu, 27 April 2011

Pernikahan

Sekarang koran-koran sedang asyik dengan berita tentang pernikahan. Siapa lagi kalau bukan Pangeran William dan Kate Middleton yang jadi ulasan. Dua sejoli yang katanya akan menjalani prosesi pernikahan terbesar di tahun ini. Tapi jangan lupa, ada juga pasangan lokal: Ibas dan Aliya yang sepertinya siap menyaingi pasangan dari Inggris Raya itu.

Pernikahan memang peristiwa istimewa. Karena dianggap istimewa inilah maka sering pelaksanaannya dirayakan dengan cara yang berlebih-lebihan. Seperti diadakan pesta tujuh hari tujuh malam, menyewa tempat resepsi yang mahal sampai ada yang harus berhutang demi memeriahkannya. Maka sekarang tinggal menunggu, akan seperti apa pernikahan paling heboh di tahun 2011 ini.

Beberapa hari lalu juga ada pernikahan besar, yang sayang beritanya tidak bergema. Pernikahan yang melibatkan ratusan bahkan mungkin sampai lebih dari seribu orang, yaitu pernikahan massal se-DKI JAYA yang berlangsung di Taman Proklamasi. Pesertanya yang datang dengan pakaian ala kadarnya dengan usia yang beragam itu tanpa diiringi pesta dan kemeriahan, hanya ada tenda berukuran kecil dan beberapa puluh kursi untuk menjamu pasangan yang datang berupa arak-arakan.

Pernikahan sebagai pengikat dua manusia yang telah sepakat menempuh hidup bersama memang harusnya disiarkan. Dan kemeriahan atau pesta adalah cara tradisional menyiarkan peristiwa itu. Tentu jelas tujuannya, agar ada banyak orang menyaksikan terjadinya keterikatan ini, agar jika kelak terjadi masalah ada banyak pihak yang bisa membantu. Tapi jaman sekarang ada saja orang yang menikah sembunyi-sembunyi, tentu karena kini ada surat yang bisa jadi bukti.

Saya juga dulu ketika menikah inginnya sepi-sepi saja, menurut saya yang penting ijab qobul terus selamatan kecil-kecilan. Tapi ternyata keinginan pribadi tak bisa mengalahkan tradisi. Walau tidak mewah, namun berlangsung juga kemeriahan dengan joget gambus semalaman. Kira-kira Ibas dan Aliya ingin prosesi menikahnya biasa-biasa saja atau mewah ya? Dan kalau kedua mempelai itu ingin pernikahan yang sederhana apakah Pak SBY dan Om Hatta Rajasa mau memenuhinya?

18 komentar:

selfishyayun mengatakan...

saya belum menikah, pengennya ya dirayakan walau tidak besar. Tapi sepertinya itu terserah sama calon mertua saya nanti...

sedjatee mengatakan...

jadi ingat pernikahanku...
begitu khidmat dalam sederhana
seperti yang kami mampu
namun insyaAllah barokah selamanya
salam sukses..

sedj

Noeel-Loebis mengatakan...

pernikahan itu 1x seumur hidup (ga termasuk penganut poligami loooh)..... makanya wajar kalo mewah bro..... hehehe

Lyliana Setianingsih mengatakan...

Ralat Vip, kabarnya william and kate pernikahannya terbesar ABAD ini.. haha... seakan2 nggak ada yg menyaingi utk 88 tahun kedepan :-D

tapi klo percaya kiamat thn 2012 yah bener jg berarti yg terbesar abad ini.. :-D

klo pernikahan bagi wanita, beda Vip, krn sekali seumur hidup, qta jg ingin ngerasain jadi "princess" walau hanya satu hari... it feels wonderful :-)

Rawins mengatakan...

nikah mewah, baru 3 bulan dah cekcok
hahah

Gaphe mengatakan...

awwrrr... ngomong tentang nikah, saya nggak bisa komen banya deh.. belom berpengalamaan.. hahaha..

Muhammad A Vip mengatakan...

selfishyayun:hahaha...bagus itu
sedjatee:barokah mas
Noeel:makanya cepetan lulus, langsung nikah deh
Lyli:ralatnya gak diterima, tapi jangan jangan iya. kiamat kan udah dekat.
Rawins:hahaha
Gaphe:cari orang gunung, biasanya cantik2 tuh

Aina mengatakan...

pernikahan emang selayaknya disiarkan lah....biar orang2 pada tau kalo uda nikah...
kalo diumpet2in malah bisa timbul fitnah...

IbuDini mengatakan...

Pernikahan yang dimeriahkan oleh teman, sahabat, sanak saudara kita pasti sangat luar biasa dan menyenagkan.
Wanita mana sih yang tak ingin menjadi raja sehari....
Tapi dari itu semua yang pentingi niat karna Allah dan menjadikan pernikahan sekali dalam hidup.

lidya mengatakan...

kita lihat saja nanti pernikahannya seperti apa.
semoga langgeng trus

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

tul. rata2 orang tua maunya menikahkan anak dg rame2. padahal banyak orang gak suka kemeriahan

Popi mengatakan...

ga apa2 deh mewah dan meriah! sepanjang ga ngutang sono sini dan yang diundang pun rakyat jelata, seperti saya ini! :D
btw..aku udah kunjung ke GANAS tadi! ntar ku posting hasil jeprat-jepretnya! keren yak pamerannya?

yummy mengatakan...

Wah pernikahanku nati serame ni g y he....

attayaya-mading mengatakan...

moga2 ibas aliya nikah ga ngabisin duit rakyat

Tomo mengatakan...

iya mas
banyak sekali pernikah yang dilangsungkan.
untuk sang artis, orang terkenal, pokoknya janganlah pernikahan ini dijadikan permainan.

Takutnya nanti setelah menikah lalu cerai, menikah lagi kemudian cerai lagi.
kayak dolanan saja orang melihatnya

Muhammad A Vip mengatakan...

aina:selayaknya memang
ibudini:memang harus karena Allah Bu
Lidya:semoga bu
Fany:ayo kapan dimulai
Popi:wah wah wah...disuruh hari minggu malah duluan
yummi:gladi resiknya sukses
attayaya:hahaha
Tomo:asik juga kawin cerai, full pengalaman

Nova Miladyarti mengatakan...

jd ingat pamanku, mau nikah yg sederhana aja tapi nenekku ga izinin, harus ada acaranya segala macam. Pamanku sampe ngamuk-ngamuk.hehhehe....

Mulyani mengatakan...

Pernikahanku sederhana tetapi sangat meriah dengan hadirnya sahabat2ku semua...dan alhamdulllilah sekali ketika itu