Rabu, 04 Mei 2011

Beli Tempe Dapat Oncom Juga. Paling Indonesia?

Saya ini penggemar tempe. Bahkan pernah dijuluki si tempe karena dulu waktu kecil sering mengantongi tempe goreng. Tapi oncom, saya sering mikir, kenapa ada makanan bentuknya seperti itu dan banyak yang suka, walaupun saya pernah memakannya tapi entah kapan. Dan setelah lama tak menyentuh makanan yang bernama oncom itu, ternyata oncom itu yang dengan suka rela menghampiri saya.

Ceritanya kemarin malam saya lewat pasar dan melihat ada ibu-ibu penjual tempe yang sedang bengong menunggui dagangannya yang tinggal dua potong tempe dan setumpuk oncom. Saya yang suka beli barang murah langsung saja mampir ke lapak ibu penjual tempe itu, siapa tahu dapat harga murah untuk barang yang tinggal sisa itu. Ternyata diluar dugaan saya dibikin bengong dan tak bisa bicara apa-apa ketika mencoba menawar tempe yang tinggal dua itu malah dikasih oncom sekalian. Saya tawar tiga ribu untuk dua potong tempe yang biasanya dapat, tapi ibu itu tetap minta empat ribu dan langsung memasukkan oncom-oncomnya ke kantong plastik yang katanya sebagai bonus. Saya sempat mikir kalau ini akal-akalan penjual tempe itu, aslinya tempe itu tiga ribu lalu yang seribu oncom.

Dan soal akal-akalan pedagang memang biasa. Tentu bukan rahasia lagi, sering saya alami barang busuk dioplos sama barang bagus. Atau bermain curang pakai timbangan yang rasanya hal seperti ini sudah dimaklumi oleh banyak orang. Sesuatu yang kadang membuat saya berpikir, apakah ini sesuatu yang khas Indonesia?

Tentu saja tidak, karena pasti hal semacam itu bisa ditemui di banyak negara di dunia ini. Jadi mari jangan membahas sesuatu yang tidak khas itu. Akan lebih baik kalau mari bersama-sama kita cari sesuatu yang khas Indonesia dan paling Indonesia untuk kemudian kita ikut kotes di sini. Hadiahnya iPhone 4 dan iPad lho.

12 komentar:

joe mengatakan...

atau beli tempe berhadiah ipad he he...

Popi mengatakan...

akhirnya...KomaCuma bagi2 giveaways juga! noh...hadiahnya iPhone dan iPad!! mana nih syarat2 nya? :D

rezKY p-RA-tama mengatakan...

wah2,,
oncom itu tempe basi ya?
pernah makan saya
hehe
enakan tempe emanglah,,sehat,,.

Taman Sambas mengatakan...

Oncom itu apa ya??
kalo ane kurang suka sama tempe..tidak tau kenapa..lebih suka sama tahu ajah :D

lidya mengatakan...

paling indonesia banget ya :)

Rawins mengatakan...

idem dah sebagai penggemar tempe. sejak kecil dah demen banget sama tempe.
sekarang juga masih klangenan
termasuk tempe yg laen
hehehe

Goyang Karawang mengatakan...

sepakat!! tempe emang mantab.. saya juga suka banget.. dibanding oncom atau saudara tuanya tahu, tempe lebih nikmat, bahkan kalo dimakan mentah :D

Gaphe mengatakan...

koq kontesnya nggak di link?. hehehe.. nggak bisa diklik niih..


yaa mungkin dagangan si ibu biar laku siih.. emang seribu rupiah kadang nggak ada artinya, tapi buat ibu2 kayak dia berarti banget.. makanya sampe maksain gitu.

Tomo mengatakan...

pagi mas
ini namanya beruntung mas
beruntung sekali sekali menyelam minum juga dapat hehe

Muhammad A Vip mengatakan...

Buat sodara sekalian mohon maaf kalo tulisan diatas tak jelas awalnya. kemarin terjadi masalah dengan komputer sehingga tulisan yang mestinya belum tayang terekspos tanpa kendali saya.

Lyliana Setianingsih mengatakan...

maksudnya? aku bingung sama kalimat terakhir... *gak mudeng* hehe..

masa' sih nggak doyan oncom Vip? tapi oncom itu kan produknya tahu jg,... saudaraan sama tempe deh...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

jelas itu akalnya si ibu. secara gak langsung maksa kamu beli oncomnya seribu. hehee..eh, sama dong ya. saya penggemar berat tempe lho.