Jumat, 17 Juni 2011

Ini Dia Etika Nge-Blog

Setiap lelaku di manapun tempatnya ternyata ada etikanya. Di lingkungan rumah, di jalanan, di warung nasi semua pakai etika. Tak terkecuali di dunia internet, karena walaupun dunia ini hampir seperti dunia lelamun, tapi resikonya bisa mengetuk rumah kita di waktu-waktu tak terduga.

Maka sebagai orang yang hidupnya tak lepas dari dunia lelamun itu, kini saya akan bicara tentang etikanya. Lebih jelasnya karena sekarang nulisnya di blog maka bahasannya digampangkan dengan etika nge-blog. Sebenarnya ini bukan niatan saya berlaku sok pintar, ini hanya karena tak ingin mengecewakan Noeel Lubis yang sudah meminta saya mengikuti jejaknya bikin hal macam ini. Jadi beginilah.

Dibawah ini ngeblog yang etis menurut saya:

Membaca Ulang  Sebelum Dipublikasikan.
Penjelasannya bisa panjang lebar, tapi yang penting baca ulang saja satu dua kali agar jangan sampai ada keluhan datang lewat kolom komentar karena banyak kata yang tak lengkap. Saya sering baca tulisan ada kata-kata yang kurang hurufnya dan ingin melapor ke KPK, sebab saya pikir itu korupsi.

Katakan dengan Terang Benderang.
Maksud saudara sekalian pasti ketika menulis ingin berbagi, ya toh?! Maka biar diterima utuh bagi-baginya, semuanya harus jelas alias terang benderang. Kecuali kalau nulis puisi.

Kalau Nyontek Harus Bilang.
Saya punya teman yang blognya berisi copy-paste tulisan orang. Sesuatu yang saya juga pernah lakukan dan saya insafi mengingat dosanya yang begitu besar. Dan karena dosa yang besar ini maka saya menghimbau saudara-saudara semua agar ketika nyontek bilang-bilang. Bilangnya tentu tak harus pada yang punya, bilang ke saya juga tak apa-apa.

Dan karena waktunya terbatas, saya cukupkan tiga saja. Semoga Noeel Lubis gembira mendapati ini. Selamat siang.


21 komentar:

NuellubiS mengatakan...

oke linknya saya catat yaaah

NuellubiS mengatakan...

udah dicatet yaah... bisa dicek sendiri tulisannya kamu... hehhehe


http://emmanuelthespecialone.blogspot.com/2011/06/etika-ngeblog-di-mata-para-blogger.html


makasi yah udah mau nulis

^^v

IbuDini mengatakan...

Terkadang artian antara penulis dan pembaca bisa salah arti dikarenakan tidak jelas atau kurangnya terang benderang ya Om.

amdhas mengatakan...

Wah..gimana nih dengan blog ane..bahasanya aja ga sesuai EYD. Tapi kl nyontek Insya Allah akan gua bilang.

joe mengatakan...

juga untuk tidak memuat konten konten yang sara dan saru

TUKANG CoLoNG mengatakan...

pasti bro, nuel pasti seneeeeeng banget nerima ini. ya kan nuel? wkwk

Lyliana Thia mengatakan...

oke deeeh insya Allah lain kali kalo nyontek aku bilang ke Affip... hehehe...

r10 mengatakan...

blogger yg suka copas biasanya hanya mengejar trafik dr mesin pencari dan malas bw

CORETAN HIDUP mengatakan...

Aku setuju dengan kamu bahwa dalam ngeblog ada etika yang harus diperhatikan. Terutama masalah yang berkaitan dengan copy paste. Kalau memang menyadur tulisan orang maka harus dicantumkan sumbernya agar si pemilik tulisan merasa dihargai

Mama Calvin mengatakan...

sip deh akan diingat selalu. harus terang benderang berarti ngeblog harus pasang lampu ya heeheh

pakde sulas mengatakan...

yang namanya etika itu memang harus ada, supaya tidak terjadi gesekan, baik di dunia nyata dan di dunia lamunan.

OKE DAH PAKDE SETUJUUUUUUU

Fiction's World mengatakan...

wah :D berarti kalau typo itu termasuk korupsi kata-kata ya hhihhi bisa bisa

Gaphe mengatakan...

simpel etika menurut A vip.. keren, tapi mengena. kalo saya publihsh dulu baru dibaca lagi, hehehe soalnya buru2 siih.. biasanya baru kepikir kalo ada komentar nggak enak. *halah*

Oral and Written mengatakan...

etika dimanapun harus selalu diperhatikan, ^_^

bahkan di kuburan pun ada etikanya...he..he..
takut kesurupan soalnya...wkwkwk..

fonega mengatakan...

karya hak cipta, hoho

Muhammad A Vip mengatakan...

Noeel:oke noeel, saya percaya
Ibudini:sepertinya begitu bu. hehe
Amdas:gak sesuai EYD gak papa yang penting bisa dibaca
Joe:yang begini kadang lebih asyik
Sukro:sok tau!
Lyli:hihihi
Rio: harus diurus dong

Muhammad A Vip mengatakan...

Ifan:banyak ternyata tulisan saya yang nampang di blog lain, gak tau kenapa bisa terjadi.
Lidya:lampunya harus yang gede bu
Pakde:sip pakde
tiara:demikianlah
Gaphe:masak sih keren?
Oral:wah, kuncen kuburan nih
fonega:Hah?

Cerita Dewasa mengatakan...

Sip Mas Etika Ngeblognya...
Tulisan Saya Bermasalah dan Tak Beretika Nggak Yah? hehehhe

Muhammad A Vip mengatakan...

cerita dewasa:sepertinya bermasalah. haha

choirul mengatakan...

yang membaca ulang itu yang biiasanya g saya lakukan... he he he, sekali nulis langsung posting aja...

choirul mengatakan...

bagus sekali ini sarannya