Rabu, 15 Juni 2011

Mama Minta Pulsa Ditangkap Polisi

Mungkin tidak semua pengguna handphone pernah mengalami, tapi beberapa orang yang saya kenal pernah bercerita tentang hal ini. Saya sendiri belum pernah menjadi korban, karena setiap kali mendapati SMS lucu itu saya menganggapnya sebagai prilaku orang iseng yang kelebihan bonus SMS. Ya, ini soal SMS, soal pesan singkat lewat handphone yang datangnya tidak diketahui dari siapa tapi sering mengaku mama dan minta dikirimi pulsa.


Pasti karena saya sering iseng kirim SMS ke teman dengan tujuan menggoda, sehingga ketika awal-awal mendapat SMS kacau itu saya menanggapinya dengan senyuman. Saya juga berpikir bahwa hal ini dilakukan oleh anak muda iseng yang ingin nelepon ke pacarnya tapi tidak punya pulsa dan untung-untungan minta dikirimi pulas ke siapapun yang dianggap bisa tertipu. Apalagi operator yang membidik konsumen kalangan remaja sering bagi-bagi SMS gratis sampai ribuan yang tentunya sayang kalau tidak terpakai. Tapi ternyata SMS beginian dikirim oleh sekelompok orang yang menjadikannya sebagai bisnis.

Pengungkapan yang dilakukan oleh Polisi dengan menjaring puluhan pelaku yang menggunakan rumah mewah di kawasan Jakarta sebagai tempat operasinya benar-benar membuat saya kaget. Terus terang saya tak paham bagaimana hal semacam ini bisa dijadikan lahan bisnis. Apakah pulsa yang didapat dari hasil transfer itu bisa diuangkan atau dijual kembali, ini benar-benar gelap bagi saya. Apalagi pelakunya ternyata bukan orang Indonesia. Dari 30 orang tersangka yang semalam saya lihat di televisi, mereka cewek-cewek cantik yang ternyata dari Taiwan dan Hongkong. Sepertinya bisnis yang sangat menguntungkan.

Sekarang yang lagi kepikiran adalah: apakah bisnis semacam ini ada di seluruh negara di bumi ini atau cuma ada di Indonesia. Soalnya kalau melihat pelakunya yang berasal dri luar negri, jangan-jangan di negara asal mereka bisnis semacam ini tidak hidup sehingga mereka beroprasi di sini. Ditunggu saja kiranya, apakah besok akan ada bule atau negro bisnis beginian dan tertangkap, kalau ada bisa jadi di luar negri  memang tak ada lagi orang yang bisa diapusi.

26 komentar:

IbuDini mengatakan...

Iya saya sering sekali..padahal kan Ibu saya sudah tidak ada lagi.

Ternyata bukan orang indonesia..bisa jadi emang dinegaranya tidak bisa melakukan ini dan mungkin di indo lebih menguntungkan dan resiko tertangkap gak mungkin kali ya.

Syukurlah sudah tertangkap dan semoga bisa di sapu bersih.

Muhammad A Vip mengatakan...

ibudini:lantai yang disapu bersih bu

Huda Tula mengatakan...

sama seperti mb Dini, ibu saya juga sudah ke sisiNya. jadianya cuman senyum-senyum kalau nerima sms itu.

pantesan bahasanya agak aneh gitu, ternyata orang asing ya. saya juga ga tahu bagaimana mereka mendapat keuntungan lewat sms semacam itu..

tapi membaca post ini; mengetahui kalau pelakuknya cewek-cewek cantik, saya curiga sms tersebut hanyalah sms pancingan yang mengarah ke industri seks. Yang dibidik ya, bapak-bapak tajir, makanya bahasa smsnya akya gitu....

dugaan saya saja.

Magic Paper mengatakan...

oo,, saya juga pernah dapat sms itu...
syukurlah kalau orang udah ditangkap....

TUKANG CoLoNG mengatakan...

baru2 ini saya nonton di tipi katanya gembongnya udah ketangkep. masih ada ya?

Muhammad A Vip mengatakan...

Huda:mungkin juga ini bagian dari bisnis sex online. ada aja orang cari duit.
Magic:tapi biasanya mati satu tumbuh seribu
Sukro:kayaknya masih ada, di Bali. :P

Baha Andes mengatakan...

ane juga heran ama orang2 yang dikirimi sms trus suruh kirim ke 10 nomer lain kalo ga katanya rezekinya atau keslamatannya akan terancam. aneh tapi banyak orang yang nurut aja dan pernah juga ane debatin ama temen yang ikut2 kirim sms dngan alasan takut ada apa2.

NuellubiS mengatakan...

ckckck.... orang2 gelllo....

CORETAN HIDUP mengatakan...

Syukurlah komplotan ini bisa segera dibekap. Kalau tidak bakal banyak korban lagi yang berjatuhan. Iya, aku juga bingung, apakah di negara asal mereka penipuan semacam ini nggak mempan ya

Skydrugz mengatakan...

tangkap aja tuh...gila...sdh banyak yg ketipu ama mereka....

John Terro mengatakan...

jadi teringat sms dari tante ala beritawa

niee mengatakan...

gile tuh, berarti jaringannya udah besar yak! membayangkan betapa banyaknya orang Indonesia yang bodoh sampe bisa ketipu gitu, ckckckck

pakde sulas mengatakan...

ngapain juga cantik-cantik jadi penipu, pakde mau kok kalo dia mau dimadu he he he...

Mama Calvin mengatakan...

sempat lihat juga beritanya di TV

Gaphe mengatakan...

setahu saya, modus ini dulu hanya orang iseng. Saya sendiri dah beberapa kali disms, dibilang MAMA.. saya balesin aja, emang sejak kapan saya ganti kelamin?. ahaha,

syukur deh kalo emang udah ketangkep. kalo masih ada penipuan serupa, berarti bisa jadi hanya orang2 gak kreatif yang niru2

Fiction's World mengatakan...

waaah kirain ini kerjaan orang kurang kerjaan ternyata ada sindikatnya juga ya ?
wah ada ya orang yang beneran kirimin itu pulsa, ckckck

Rawins mengatakan...

efek dari promo sms gratisan...
emang masih ada yang ketipu ya..?

Tomo mengatakan...

alhamdulillah sudah ditangkapi mas

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

udah baca berita ini waktu itu di TV, iyah aku gak nyangka orang dari luar bs melakukan modus penipuan bgtu
mungkin karna rakyat indonesia yg mudah ditipu :P

Ferdinand mengatakan...

Syukurlah akhirnya mereka ditangkep haha... aku denger2 yg nipu mamah itu malah warga negara asing semua ya Sob? uedan tenan, nipu kok dinegara orang .... kapok ketangkep haha..

Lyliana Thia mengatakan...

akhirnya si mama abal2 ditangkep yah..

haduuuh knapa sih penjahat di negeri ini ternyata dari luar negeri?

apa krn semuanya import...? termasuk kejahatan? kejahatan import...

haduuuuh

attayaya-mario mengatakan...

kalo ga salah aku pernah terima sekitar 5 kali sms kek begituan
ada mama ada papa
jiaaaah.... padahal bapakku dah lama meninggal.
dasar penipu

Muhammad A Vip mengatakan...

Baha:apa mau dikata
Noeel:gelo!
ifan:di sana mereka kalah bersaing jangan2
skydrugz:tangkaaap!
niee:orang indonesia sekolahnya cuma maen sih
terro:apa lagi ini
pakde:saya juga. hehe
Lidya:ya, sudah

Muhammad A Vip mengatakan...

gaphe:kayaknya masih ada deh
tiara:pernah ketipu ya?
rawins:tau deh
tomo n ria:demikianlah
ferdi:nipu mestinya di bulan sono, ya nggak?
lyli:benar, ini karena kita suka import
attayaya:5 kali? aku berapa ya?

r10 mengatakan...

aku juga bingung, bagaimana bisnis penipuan pulsa ini bisa menguntungkan, bagaimana cara mencairkan pulsa jadi uang

Muhammad A Vip mengatakan...

rio:kita selalu sama rupanya