Kamis, 21 Juli 2011

Bertemu Satria Piningit

“Saya tidak sembarangan ngasih gambar saya, kamu saya kasih gambar saya ini ibarat saya ngasih pancing-kamu harus gunakan. Kamu dekati orang-orang, kamu tunjukan gambar saya, jelaskan apa yang kamu dapat dari saya. Dan karena saya sudah kasih gambar kamu harus bayar sama saya. Nggak banyak, Cuma 17 rupiah. Terserah kapan kamu mau bayar, ini utang.”

Pagi-pagi sudah ketemu Satria Piningit, begini hasilnya. Dia menunjukan sesuatu yang menurutnya hasil karyanya. Selembar kertas HVS yang berisi gambar dirinya dan tulisan-tulisan tak jelas. Dia semangat sekali dalam bicara. Tak peduli apakah yang diajaknya bicara mendengar atau tidak.

Nama aslinya tak jelas, orang-orang pun memanggilnya dengan nama bermacam-macam, tapi ngakunya berasal dari Malang Jawa Timur. Mengaku pernah dipenjara 79 kali dan katanya isi kepala para jenderal telah dikuasainya. Yang lebih seru ini, dia mengaku kunci reformasi ada pada dirinya. Ilmunya mau tahu? ilmu pentil*.

Untuk ilmu pentil itu, begini penjelasannya: Bahwa mobil sebagus apapun, masih baru sekalipun dan bahan bakarnya penuh, tak akan bisa jalan tanpa pentil. Pentil kecil ukurannya, murah harganya maka lebih sering dilupakan, tapi sesungguhnya punya fungsi besar dan menentukan.

Dia dalam banyak kesempatan selalu berpesan agar saya tak memberitahukan keberadaannya kini kepada siapapun. Tapi kepada anda yang tinggal di Jakarta, siap-siap saja suatu ketika bertemu dengannya di sembarang tempat, karena dia bisa di mana saja.

*Pentil adalah bagian dari roda tempat untuk mengisi angin.

28 komentar:

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

salam utk satria piningit deh.hehee...

Fajar mengatakan...

kenalin dunk..satria piningitnya..om..

Fahrizal mengatakan...

Saya titip salam juga ya ..."Assalamualaikum"
beh ... pentil kecil tapi fungsina besar ...

Ami mengatakan...

kalo ban mobilnya tubeless ya gak pake pentil... oke, intinya ada hal kecil yang sangat murah tapi dibutuhkan agar mobil yang harganya mahal bisa jalan..

Claude C Kenni mengatakan...

Emang dia siapa sih? Gua agak ga ngerti ceritanya

Muhammad A Vip mengatakan...

fany:oke
Fajar:nanti kalo ke jakarta
Fahrizal:oke
Ami:dia gak tau ban tubles
Claude:saya juga gak begitu kenal

Fiction's World mengatakan...

owh misterius sekali si satria piningit :O masih sehat kah ?

anggar berkawand mengatakan...

wah..wah...satria piningirnya kerend tu..
:D

cara mudah dapat dollar mengatakan...

jadi inget lagune mbah joyoboyo xixixii
sekolah di bengkel mana itu orangnya :D

IbuDini mengatakan...

serem gak wajahnya Om, kalau keren salam aja ya..heheheh

SHUDAI AJLANI (dot) COM mengatakan...

Jadi ayook cek pentil mu masing-masing *eh

Dhe mengatakan...

duh.. "satria piningit" itu emang ada yah??

Ferdinand mengatakan...

Hayah... ki pasti kebanyakan baca buku2 sejarah jawa sob... soalnya dulu pernah aku baca dan denger juga dari orang yg lumayan tau sejarah, katanya memang dalam sejarah jawa ada Satria piningit yg suatu hari akan memerintah Indonesia dengan arif dan bijak.. tapi tau kapan baru dateng hhe...

niee mengatakan...

wah wah wah, siapakah dia? *memulai detektif2an*

Aina mengatakan...

kirain pentil itu mangga muda??? hahahaa

[L]ain mengatakan...

siapa sih orang itu?
ini cerita beneran kan?

TUKANG CoLoNG mengatakan...

kalo di Bali dipanggil pintil :)

Akmal Fahrurizal mengatakan...

Ksatria Piningit itu tokoh imajinasi aja apa emang beneran? :))

Muhammad A Vip mengatakan...

Tiara:ini cerita lama yang saya ambil dari Brugglothak, sekarang gak tau kabarnya.
Anggar:keren bo
dapat dolar:bukan orang bengkel dia
Ibudini:lumayanlah, gak serem
shudai:terutama yang cewek
dhe, niee,lain n akmal:ini beneran, setidaknya dia ngaku begitu
Ferdi:bukan buku sejarah, tapi cerita rakyat
aina:alah, pura-pura gak tau
tukang colong:kalo di kampung saya sepentil

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

siapakan diaa?? jd penasaran iki

Dhe mengatakan...

waduuuhh, blogmu 2 to Vip.. dhe dilema, mo naruh blog yang mana di blogroll dhe.. kasih saran dong, yang komacuma atau wakulngglimpang??

Muhammad A Vip mengatakan...

Ria:nanti juga ketemu
Dhe:terserah, yang penting sering dateng.

Lidya mengatakan...

penasaran dengan wajahnya satria piningit :)

Popi mengatakan...

saya curiga, ...jangan2 situ yg nyamar jadi Satria Piningit??

Rawins mengatakan...

bener banget bro...
seseksi apapun dada cewe
kalo ga ada pentilnya
tetap saja ga berguna untuk anak manusia...

Muhammad A Vip mengatakan...

lidya:hohoho
Popi:hus!
Rawins:hahaha

Lyliana Thia mengatakan...

Aku di Jakarta, Fip...
Si Satrio Piningit ada dimana? :O

Muhammad A Vip mengatakan...

Lyli:di jakarta dong. bisa jadi sering lewat depan rumah