Kamis, 18 Agustus 2011

Puasa?

“Agar puasa kita tidak terganggu…minumlah **8*#@!”

Begitu iklan-iklan yang beredar dan gentayangan di mana-mana. Di televisi, di radio, di rumah tetangga, pokoknya di mana-mana. Dan kita sepertinya menurutinya. Disiapkanlah obat kuat berbotol-botol, ditumpuk pula tablet sakit maag dan...apa lagi ya?



Kalau dipikir, ikhlas enggak sih kita puasa? Jangan-jangan kepaksa. Dengan terlalu banyaknya sarana pendukung yang mengelilingi kita rasanya kita nggak yakin kalau Tuhan Maha Bijaksana. Seakan Tuhan nggak tahu kemampuan kita sehingga kita harus sedemikian rupa menyusun aturan untuk jaga-jaga jangan-jangan akan celaka dalam menjalani puasa. Seakan pernah ada kasus besar, dimana ada orang sakit berat dan meninggal karena puasa dengan mengenaskan yang didahului kelojotan selama 2X 24 Jam.

Ah, kebodohan…kau menyamar dalam rupa yang menyenangkan dan aku bangga denganmu. Aku ternyata tak benar-benar pasrah kepada-Nya selama ini. Bahkan bukan tak mungkin aku telah jadikan diriku ini Tuhan, yang menentukan ini itu, tentang baik dan buruk dan mengelola segala kemungkinan.

Agama…apakah artimu? Aku jadi tak mengerti setelah perjalanan yang jauh dan melelahkan ini. Aku dikuasai hidup yang berlangsung di sekitarku. Dimanakah kiblatku yang sesungguhnya? Ampuuun! Beribu ampun, Tuhan! Aku telah melecehkan-Mu selama ini atas nama-Mu. Aku tak pernah benar-benar puasa, karena nafsuku merambah kemana-mana meski seharian aku tidur dan bersembunyi di dalam kamar rumahku.

“Tidurlah, tidurnya orang berpuasa itu berpahala!” Gletak!

17 komentar:

Popi mengatakan...

ini intinya: mendingan tidur, drpd minum suplemen atau cairan penguat??

Dhe mengatakan...

kok tidurlah orang yang berpuasa itu ibadah?
slama dhe blajar agama stau dhe tidur org yang brpuasa itu bukan ibadah. spti yang dhe kutip di eramuslimdotcom
"tidurnya orang yang berpuasa bukanlah ibadah karena hadits itu tidak benar berasal dari Rasulullah saw"

Ku Lihat, Ku Dengar, Ku Rasa mengatakan...

Hidup tergantung dari persepsi manusianya
tuhan yang ikut sama kita, apa kita yang ikut sama tuhan?
pada dasarnya tuhan tergantung dari hambaNya
karena tuhanlah yang melihat kita dan kita tidak bisa melihat tuhan
maka apa yang jadi nasib kita adalah bukan dari takdi tuhan
takdir sudah tergariskan tuhan dan nasib dapat dirubah berdasar diri manusianya...
agama hnyalh sbagai identits dri mnusianya tuhan tetplah 1, mnusia yg brdeda. tetp smangt!

Lidya mengatakan...

jangan karena puasa kita berhenti beraktivitas

CORETAN HIDUP mengatakan...

Memang daya tarik iklan untuk menggaet konsumen yg sedang berpuasa sangat gencar. Kita harus selektif memilih terutama yg berhubungan dgn minuman supleman. Lebih baik minum air putih yg lebih menyehatkan

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

takut makruh puasanya klo bobo teruss :D

Rawins mengatakan...

besok iklannya diganti
biar ga lemes
sambil nunggu buka, minumlah...

NuellubiS mengatakan...

tidur adalah ibadah

itu tuh sloga yang sering dipakai sebagai andalan orang2 pemalas saat berpuasa. hahhaha

[L]ain mengatakan...

klo ga ada surga sama neraka, apa orang2 masih mau rela berpuasa nahan lapar dan haus ya?

SHUDAI AJLANI (dot) COM mengatakan...

Tidur disaat puasa itu nikmat kawan apabila semua ibadah tidak ada yg kita lewati karena kebablasan tidur B)

Return to My Blogg mengatakan...

tidurlah, kalo tidur terus kapan belajar agama dan beraktivitasnya?

Ami mengatakan...

ketawa aja ngebaca komentar soal tidur adalah ibadah. ya berpuasa memang lebih banyak ibadahnya dibanding hari lain. kalo ngantuk ya bobok aja. barangkali memang bermanfaat bagi yang selama ini insomnia akut, semalaman utek-utek kompi gak bisa bobok... tidur itu nikmat kok...

Muhammad A Vip mengatakan...

Popi:minum saja setelah buka...
Dhe:soal benar atau tidak saya nggak tahu, tapi kalo niat tidurnya karena ngantuk pasti ibadah
Ku lihat:ya, tuhan tergantung bagaimana kita
Lidya:semangat!
Ifan:bentul, air putih lebih hebat
Ria:jalan-jalan ke mal saja :P
Rawins:nunggu buka tidurlah...
Nuel:manusia emang umumnya malas
Lain:kalo gak ada surga sama neraka? emang ada?
Shudai:nikmat niyee, bagi-bagi dong
Return:kapan ya? hahaha...sip
Ami:enakan begadang sih kalo puasa, jadi gak kelewat saur

Fiction's World mengatakan...

kebanyakan tidur juga gg boleh kan :D

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
semoga puasa kita istiqomah itu aja wes hehehe

asop mengatakan...

Puasa itu harus dinikmati. Bener gak? :D

niee mengatakan...

Hahaha.. walaupun aku sakit magh dan gak pernah tahan beraktifitas pas puasa tapi smp skrg aku gak pernah loh minum dan makan penambah stamina atau obat2an gt.. Asal bisa menjaga tubuh sendiri ya pasti baik aja kan.. *mari kita tidur* ;p