Selasa, 02 Agustus 2011

Tuhan Satrio Piningit

Sekali lagi, duduk dan mendengarkan apa kata Satrio Piningit. Ini peristiwa saat buka puasa di sebuah mesjid di kawasan Jakarta Pusat dua tahun lalu. Seperti biasa Satrio Piningit selalu mendominasi dalam bicara, seakan tak pernah ingin mendengar pendapat orang lain. Dan kali ini Satrio Piningit sedang membicarakan seseorang yang menjadi salah satu pengurus masjid yang menurutnya sering memanggilnya dan mengajaknya bicara.


“Dia hanya bisa memanfaatkan orang saja. Yang dilakukannya hanya memanggil-manggil ketika lagi perlu. Sini-sini, apa ini apa itu, lalu kasih duit lima puluh ribu. Nggak sebanding itu, ilmu itu mahal, mosok mung diregoni semono?” Sembari makan nasi bungkus yang didapat dari mesjid, Satrio Piningit tak henti-hentinya ngomong cas cis cus.

“Dia kemarin tanya sama saya apa itu tuhan. Saya jawab: tuhan ya anda, tuhan itu saya, tuhan itu dia. Siapa saja bisa jadi tuhan. Tuhan itu singkatan dari Tugas Utama Hancurkan Ahli Neraka. Tugas Utama Hancurkan Antek Narkoba,” ceitanya dengan tangan menunjuk-nunjuk dan kepala seperti ular  menyolog-nyolog kearahku saat bicara. Begitulah dia, selalu bersemangat.

Menariknya sosok Satrio Piningit ini menurutku adalah ketika berbicara,  begitu atraktif. Nuansa yang dibawanya meski lebih sering menggelikan tapi tetap meninggalkan pertanyaan-pertanyaan yang rasanya tak pantas kalau dibuang.

26 komentar:

Akmal Fahrurizal mengatakan...

Jawaban yg jenius sekaligus kreatif ni, Mas. :) "Tuhan itu anda, tuhan itu saya." Like this banget. :)

Fajar mengatakan...

wuis..singkatane..tuhan ..bagus..banget..tuch..

Ami mengatakan...

jadi tuhan itu dijadikan singkatan. soalnya tuhan itu ada awalnya persepsinya memang lain

NuellubiS mengatakan...

yang singkatan Tuhannya bagus.. ijin kopas yo... :)

simpedes dan paypal mengatakan...

keren pokoke, satrione he he
met menunaikan puasa mas.. mohon maaf lahir dan batin

Asop mengatakan...

Hohoho, TUHAN... kepanjangan yang bagus. ;)

Lyliana Thia mengatakan...

singkatannya kok Tuhan... ah satrio piningit ada2 saja... mbok bikin singkatan yg lain saja...

pakde sulas mengatakan...

seringkali orang menghargai ilmu hanya "semono", karena memang tidak tahu harus dihargai berapa, kecuali kalau si empunya ilmu meminta imbalan "berapa duit"

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

heehhe bisa aja buat singkatan

CORETAN HIDUP mengatakan...

Memang nggak ada habis2nya kalau membicarakan sesuatu ditinjau dari sisi agama. Pasti akan muncul sosok yang kadang terlalu menggurui atau malah sebaliknya :

Lidya mengatakan...

ayo kita hancurkan narkoba

saryadinilan mengatakan...

Say no to drug,salam love,peace and gaul.

catatan kecilku mengatakan...

Satrio Piningit.. mengapa disebut seperti itu ya?

Muhammad A Vip mengatakan...

akmal:sepertinya dia memang jenius
Fajar:hahaha
Ami:begitulah
Nuel:silahkan
Simedes:sama sama
asop:kayaknya begitu
Lyli:hihihi...saking kreatipnya dia
Pakde:pasdang tarip ya
fany:demikianlah
fany:namanya juga agama
lidya:ayo
sarya:salam damai
mbak reni:dia ngakunya begitu mbak

yayack mengatakan...

baru tau kalo Tuhan ada singkatanya hehe tapi kreatif juga sih... Kalo bulan puasa ceritanya tdk jauh2 dari masjid dan kolak ya :D met puasa aja ..

mely mengatakan...

nice infonya my friend,visit me too...
http://dollardarineobuxcomtanpareferal.blogspot.com
http://dollardarineobuxcomtanpareferal.blogspot.com

joe mengatakan...

dulu ada seorang tokoh nasional yang kono disebut-sebut sebagai satrio piningit, tapi ternyata tidak seperti yang diharapkan ...

Gaphe mengatakan...

untung masih bisa dijadiin singkatan yang masuk ya.. kalo nggak cocok, kan bisa berabe juga tuh

Popi mengatakan...

masih ngobrol sama Satrio Piningit? emang beneran ada ya?

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

Tuhan bisa jadi singkatan juga ya :D good good

Goyang Karawang mengatakan...

Tuhan memang maha besar,singkatanna pun bisa ditafsirkan dengan luas

Dhenok mengatakan...

penasaran banget Vip, nemu Satrio Piningit dimana Vip??

IbuDini mengatakan...

Satrio Pinigit punya kelaku....

hmmm tapi bagus juga , meskipun agak gimana gitu.

[L]ain mengatakan...

konsep ketuhanan dia menarik..
klo gitu para polisi yang mengamankan para antek narkoba bisa dia anggap tuhan juga?

Zippy mengatakan...

Wih..keren deh, mantep tuh jawabannya :)
Kepanjangan dari TUHAN yang buat gue itu sangat spektakuler :D

Muhammad A Vip mengatakan...

terimakasih komennya. bagi yang merasa tak nyaman dengan singkatan ini, mohon jangan ngeluh di sini, saya hanya menuliskannya.