Jumat, 16 September 2011

Hujan Turun Lagi (Deh)

Setelah berbulan-bulan tak pernah ketiban hujan, di mana-mana orang ribut krisis air, petani di Cikarang konon tak lagi bekerja, nyamuk di malam hari berisik karena kepanasan tak bisa tidur sehingga mengganggu manusia dan saya teringat masa kecil karena beberapa hari yang telah lewat langit malam selalu bening saat bulan purnama, akhirnya kemarin sore langit gelap dan hujan yang dirindukan banyak orang turun juga.


Orang-orang yang saya temui tampak senang menyaksikan datangnya hujan yang tidak lebat itu. Walaupun saya tidak yakin. Soalnya sudah bukan hal aneh lagi di negri ini, saat tak turun hujan kekeringan melanda dan membuat tanaman pada mati, saat turun hujan biasanya banjir merambah ke mana-mana. Tapi kalau hujannya sedang-sedang saja seperti kemarin, yang cukup untuk sekedar membasahi halaman yang penuh debu dan memberi minum rumput dan tanaman, pasti banyak orang yang senang.

Saya sendiri termasuk orang yang senang sekaligus cemas saat turun hujan kemarin. Senang karena rumput-rumput kering yang setiap hari saya saksikan di mana-mana ada harapan akan kembali hijau. Sedang rasa cemas disebabkan oleh keadaan rumah yang biasanya kalau hujan suka bocor. Apalagi kemarin langit sangat pekat, seperti akan turun hujan lebat wa saibat. Syukurlah kecemasan itu lewat begitu saja, karena hujannya kecil dan bocor pun tak terjadi.

Tetangga sekitar rumah tadi pagi saya dengar sudah banyak yang bicara tentang musim penghujan. Mereka bilang sekarang sudah mulai musim penghujan, hujan akan turun lagi dan setiap hari. Obrolan yang mungkin adalah doa, sesuatu yang saya diamkan saja. Soalnya soal bocor itu lho, terus teringat setiap kali mendengar kata hujan.

27 komentar:

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

dibekasi gak hujan tuh kemarin :(

Muhammad A Vip mengatakan...

Lidya:aduh bu, gimana sih?

ReBorn mengatakan...

dibenerin dulu atuh bos. ujan berikutnya bukan tetangga yang ngomong, tapi istri yang tereak2: "mas, bocor tuh, benerin dulu gentengnya!!!" buehehehehehe

buat saya hujan adalah syahdu dan saat paling tepat untuk melakukan hal yang bersifat romantis... haiyah, berat kali... buahahahahah

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

ya hujan di satu sisi bikin adem, sisi lain bikin banjir. hiks

arev tyan mengatakan...

...kemaren sempet hujan-hujanan!ane seneng banget gan!hihi,,cos udah lama ga turun hujan!

meilya dwiyanti mengatakan...

saya selalu suka hujan (tapi bukan hujan yang bikin banjir ya)
dan sambil menatap rintik hujan, akan segera terbayang memori memori di kala hujan turun,,

benerin gentengnya dulu dooong
daripada kena bocorrrrr
week end kayaknya tepat banget waktunya buat ngebetulin genteng bocor;
wkwkwkwkkwkwkw

Asop mengatakan...

Saya lebih suka cuaca panas. ^^

Hujan boleh lah, tapi saat saya di rumah ya. :D

*pemilih*

Rawins mengatakan...

kiamat makin dekat...
pranata sudah mulai salah mangsa...

r10 mengatakan...

katanya baru okteber masuk musim hujan, sekarang masih pemanasan dulu :p

Zippy mengatakan...

Ngomong2 soal hujan, tadi di Jayapura lagi hujan :D
Hujannya malah dari semalam :D
Ah..senangnya tiap kali hujan, dengar suara genteng yang bunyi punya keasikan tersendiri :D

vira mengatakan...

hii salam kenal iya dari vira .. :)
jangan lupa mapir keweb vira iya di http://www.rumahkiat.com/ vira mau berbagi pengalaman nih.:)
wah bagus juga iya blog ka2 ... ^_^ good luck iya.....

Muhammad A Vip mengatakan...

ReBorn:sudah sering dibenerin, tapi bandel
Fany:jaman susah
arev:semalem saya juga ujan-ujanan
meilya:memori saat kebocoran ya?
Asop:bandung dingin ya?
Rawins:kiamat? mari kita songsong
rio:ya, pemanasan. panas terus
Zippy:jayapura hujan, jakarta hujan, tapi bekasi tidak
vira:sip deh, dikunjungi pokoknya

Dhenok mengatakan...

Palembang kemaren hujan juga Vip, tapi cuma 5 menit.. lumayan..

arqu3fiq mengatakan...

Wah sudah hujan ya di daerah kamu. Seger donk.

vira mengatakan...

hii salam kenal iya dari vira .. :)
jangan lupa mapir keweb vira iya di http://www.rumahkiat.com/ vira mau berbagi pengalaman nih.:)
wah bagus juga iya blog ka2 ... ^_^ good luck iya.....

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

Alhamdulillah ya *gaya teh syahrini* udah turun hujan lagi :D
kemaren pas hujan di facebook langsung banyak yg update status :P

[L]ain mengatakan...

Iya, hujan itu berkah. Klo tidak ada air semuanya mati.

Klo berlebihan juga nggak baik. Bisa banjir.

berpandai-pandailah manusia mengolah berkah tersebut agar tidak menjadi bencana.

CMIIW

HALAMAN PUTIH mengatakan...

Tempatku juga belum turun hujan, padahal sudh kering sekali tanah dan lingkungan. Paling senang kalau hujan turun pertama kali, aromanya sngat khas

dede mengatakan...

Yang asik adalah hujan rintik-rintik...memang sudah saatnya musim penghujan mas...salam kenal ya...

catatan kecilku mengatakan...

Status FB teman2 juga banyak yg tentang hujan... tapi aku belum kebagian hujan nih.. :(

amela mengatakan...

di sini udah agak lama nih ga turun hujan

Muhammad A Vip mengatakan...

Dhenok:di sini juga lima sepuluh menit, tapi gede dan bikin banjir
arqu:dingin
vira:masak komennya begitu terus udah berapa hari?
Ria:nanti sore datang lagi
[L]ain:berkah bisa jadi bencana ya?
halaman putih:demikianlah
dede:hujan rintik bikin pilek
Mbak Reni & Amela:tunggu saja kedatangannya

alkatro mengatakan...

saya masih menunggu hujan.. hujan duit .. kapan ya he he

Ely Meyer mengatakan...

suka dan idem sama komentarnya reBorn :)

saryadinilan mengatakan...

di tempat daku belum hujan belum turun baru mendung aja,love,peace and gaul.

attayaya mengatakan...

problema negeriku tercinta
tak hujan - kering kerontang
hujan - banjir
parit - mampet
hutan - merana
otak pejabat - gundul

Popi mengatakan...

"Jadi sampeyan ini maunya apa??" begitu mungkin kata Tuhan. Manusia emang banyak maunya...