Senin, 03 Oktober 2011

KUMI Pakai Batik, Saya Juga

Si Tukang Colong ternyata setelah saya ingatkan tentang Hari Kesaktian Pancasila kemarin, dia mengingatkan saya tentang Hari Batik Nasional. Terimakasih telah mengingatkan saya, tapi sebenarnya bukan mengingatkan sebab menurut saya yang tepat adalah memberitahu, karena saya benar-benar belum tahu kalau ada Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober. Dari hasil browsing akhirnya ada tambahan pengetahuan, yaitu tema Hari Batik Nasional tahun ini adalah: Batik, Seribu Tahun Lagi. (Hah?!)


Seribu tahun lagi? Maksudnya setelah seribu tahun batik sudah nggak dianggap lagi apa, ada-ada saja temanya. Tak penting rasanya yang seperti itu, yang penting adalah bahwa sekarang saya pakai baju batik. Tak kalah dengan si KUMI tentunya, si KUMI yang maskot Komunitas Mozila Indonesia itu juga sekarang lagi pakai batik, dan kira-kira si KOMO pakai batik juga tidak ya? (si KOMO sudah lama tak kedengaran)

Soal pakai batik sebenarnya sudah jadi kebiasaan saya semenjak kecil, sejak jaman sekolah SD (tepatnya MI alias Madrasah Ibtidaiyah). Dulu jaman saya masih MI mungkin karena belum ada ketetapan baju seragam untuk anak MI, kita siswa-siswi MI memakai pakaian bebas. Hanya pada hari jum'at dan sabtu saja pakai seragam Pramuka. Dan saya masih ingat selalu pakai baju batik waktu itu, yang tentu saja koleksi baju batik saya banyak. Bahkan bukan cuma baju yang batik, sarung batik pun saya punya banyak dulu waktu kecil, sesuatu yang sulit saya temui di jaman sekarang.

Saat SMP juga selalu pakai seragam batik. SMA, sudah tak lagi entah kenapa pihak sekolahan tak menetapkan seragam batik pada waktu itu. Dan rasanya semenjak SMA saya tak lagi pakai baju batik sampai kemudian batik kembali marak dan jadi pembicaraan di tingkat nasional. Syukur alhamdulillah, sekarang baju batik saya mulai banyak lagi.

Ayo pakai baju batik, mumpung dirayakan keberadaannya. Jangan sampai memakai batik nanti seribu tahun lagi, sudah nggak dianggap oleh pemerintah. Soalnya saat itu pemerintah sudah tak ada lagi, sudah kapok ngurus negara.

23 komentar:

Lyliana Thia mengatakan...

Hahaha.. Beneran Fip..
Mumpung skrg lg heboh mari berbatik ria.. Jgn nunggu 1000 thn lagi ya.. Kelamaan.. :-D

NuellubiS mengatakan...

jaman gw SD tiap hari kamis murid2nya diwajibkan pake seragam batik.

r10 mengatakan...

tapi saya lebih suka dgn pakaian adat bugis, apa namnaya itu yg kaya jas dan terkesan gagah :D

Muhammad A Vip mengatakan...

Lyli:mari berbatik ria
Nuel:kemis? kalo saya jumat sabtu
Rio:waduh, malah nanya.

DuniaPiyen mengatakan...

kalo disini setiap hari kamis pakai batik.. khusus kantor hehehe

rabest mengatakan...

aku malah nggak ada kenangan tentang pake batik dai kecil..baru pas udah gede alias sekarang2 ini aja nih jadi seneng pake batik, ampe ke kampus juga seringnya pake batik.. ^^

TUKANG CoLoNG mengatakan...

saya sempet nitip dibeliin batik ama ibu, eh batiknya pak camat abis.. jadi malu saya make ke acara kampus.. -__-

Ami mengatakan...

selamat berbatik ria deh... gak sempet ikutan kontes batik, hahaha

yayack mengatakan...

Alhamdulillah yah sya udah punya dua baju batik itung2 sbg koleksi hehe berarti saya sudah menjadi bagian dari garakan hari batik nasional... Pakailah batikmu sebelum di klaim oleh malaysia wkwkwkwk

pangeran edi wijoyo kusumo mengatakan...

Tapi saya punya baju batik cuma 1 saja.. Hik #kasihan

abufarras mengatakan...

Mari kita gallakan budaya batik di Indonesia ini

Akmal Fahrurizal mengatakan...

hari ini saya juga pake batik ah ke kampus. :D

ayu mengatakan...

hahahaha tadi kupikir KUMI KAIDO
sang aktivis Greenpeace
ayo lestarikan budaya bangsa Indonesia

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah, aku juga lagi pake batik nih. piyama batik

Muhammad A Vip mengatakan...

piyen:kurang sering itu
rabest:setidaknya sekarang pakai
sukro:batik khas bali kah?
Ami:saya juga gak ikutan
yayack:dua masih kurang
pangeran:satu juga lumayan
abufaras:jangan galak2
Akmal:sip bro
ayu:ayo
Fany:kutangnya batik dong

catatan kecilku mengatakan...

Coba tulisan ini dipublish tanggal 2 Oktober kemarin, bisa ikutan kontes batik deh.

Aku juga sekarang tiap hari kamis dan jumat pake baju batik ke kantor :)

unu_utamee mengatakan...

saya lagi pake batik nih, hehhehe

saryadinilan mengatakan...

Batik hari mu dengan batik.love,peace and gaul.

ReBoirn mengatakan...

koleksi batik saya cuma dikit. sekarang harganya mahal bener ya batik. haduh, saya kurang nasionalis. ghehehe

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

eh itu fotonya bang affip yg make batik
aku baru liat kayaknya wajah bang affip hehehe :P
iya dulu biasanya make batik kalo sekolah aja :P eh tp klo smu gak make baju batik tapi pakenya rok batik :P

Popi mengatakan...

kalimat terakhir, doanya jelek banget??

niee mengatakan...

Dan ketika kantor aku netapin hari jumat gak pake batik lagi akupun bingung mau dikemanakan baju batik aku yg baru aja aku buat 6bulan ini? hmmmm

Asop mengatakan...

Bulan oktober adalah bulan batik! ^_^