Sabtu, 01 Oktober 2011

Lupa Kesaktian Pancasila

Lagi-lagi disadarkan pada kenyataan diri yang ternyata sudah tak lagi benar-benar peduli dengan negri sendiri. Bukti ketidakpedulian itu adalah saya tak sadar kalau hari ini tanggal 1 Oktober adalah hari Kesaktian Pancasila. Ampun Gusti, apa sebabnya semua ini; apa karena benar-benar saya tak peduli dengan negri ini atau karena Pancasila yang memang sudah tak lagi sakti.


Hari Kesaktian Pancasila rasanya dulu ketika jaman sebelum Reformasi merupakan peristiwa penting dan penuh kenangan, di mana ada tanda-tanda yang memudahkan siapapun tahu bahwa pada saat itu ada hal penting yang layak diperingati, tapi sekarang sepertinya segalanya berubah, hal-hal semacam itu sudah tak penting lagi. Seperti saat bulan Agustus, seingat saya bendera merah putih dipajang sejak tanggal satu, tapi di bulan Agustus kemarin tak tampak demikian.

Sesuatu yang menjadi tanda tibanya hari kesaktian Pancasila seingat saya dulu adalah diputarnya film G 30 S/PKI pada malam tanggal 30 September. Film yang durasinya sangat panjang itu biasanya diputar dari sore sampai tengah malam yang dulu saat saya masih di kampung biasanya ditonton ramai-ramai oleh warga. Sayang sekarang film itu dianggap menyesatkan sehingga tak jelas kabar beritanya film yang menurut saya bagus itu.

Apakah saya harus menggugat keberlangsungan ini? Apa yang harus saya lakukan, apakah meminjam copy film G 20 S/PKI dan memutarnya di tempat umum melalui Layar Tancap (nggak mungkin kayaknya, karena dananya nggak ada), atau menggandakannya kemudian menjualnya dengan membuka lapak di pinggir jalan siapa tahu banyak orang yang kangen pada film itu dan laku keras (yang ini kayaknya menguntungkan). Bagaimana saudara-saudara?

21 komentar:

hilsya mengatakan...

gara2 kemarin ga ada pengumuman buat ikutan upacara .. jadi ikut lupa juga, duuh...

vira mengatakan...

hii salam kenal iya dari vira .. :)
jangan lupa mapir keweb vira iya di http://www.rumahkiat.com/ vira mau berbagi pengalaman nih.:)
wah bagus juga iya blog ka2 ... ^_^ good luck iya.....
SALAM BLOGER INDONESIA..:)

Baha Andes mengatakan...

hah sekarang yg ya hari kesaktian pancasila... moga aja masih sakti.

raden mas edi wijoyo kusumo mengatakan...

Like this, bsa menjadi bahan perenungan.. Terimakasih udah diingatkan..

alkatro verify mengatakan...

kalo inget jelas inget,
cuman hari peringatan 1 okt itu, ane masih bingun siapa yang diuntungkan dan siapa yang dirugikan dari kisah satu hari sebelum tanggal 1 itu :D

lali opo pancen ngali yen eling mbok enggal bali he he

[L]ain mengatakan...

gua juga taunya barusan, klo ga liat tipi ga bakal tau~

zone mengatakan...

sepertinya bangsa ini mulai melupakan siapa pahlawannya dan hari dimana perjuangan adalah sesuatu yg membanggakan hati....

penyakit yg kecil yg muali menggerogoti bangsa...
:)

r10 mengatakan...

aku ga pernah selesai nonton film itu, endingnya kaya apa aku ga pernah lihat :D

pakde sulas mengatakan...

rakyat sekarang lebih mementingkan urusan "perut" sedang para penguasa lebih mementingkan urusan "duit", sedang urusan sejarah diserahkan pada "yang peduli" saja

Penghuni 60 mengatakan...

haha, denger2 sih itu film kan cm rekayasa doank sob... alias byk dikasih bumbu2 ini itu demi kepentingan pribadi seseorg.

yg jls sih.. aku udh bosen liat film itu sob..

justru skrg rakyat tuh gak lg kangen ama film itu sob, tp lg kangen ama harga2 sembako yg dulu, yg murah meriah...
^_^

ReBorn mengatakan...

karena bersifat bohong dan menyesatkan, setauku menyebarkan film itu merupakan tindakan ilegal.

minta dong pilemnya... buehgehehehe

NuellubiS mengatakan...

setuju sama zone... :(

saya aja malah baru tau dari mas kalo kemaren tuh hari kesaktian pancasila...

niee mengatakan...

Iya mas.. dulu setiap instansi setiap tgl 30sept juga nonton film bersama.. sekarang jadi gak.. anakanak sd skrg juga gak ada pelajaran mengenai pki itu..

Waahh.. aku juga lupa kesaktian pancasilanya.. huhuhu

Ami mengatakan...

sejarah film jaman dulu diragukan

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

wah iya kemarin hari kesaktian pancasila :( benar2 udah melupakannya aku
film pki itu aku belum pernah ntn sampai habis hehe klo ntn pasti cuma sepotong-potong :P

TUKANG CoLoNG mengatakan...

saya ingat kemaren hari kesaktian pancasila karena nyimak di twitter.. kasus g 30 s/pki juga saya cuma nyimak, belum bisa komen banyak.. nah taukah anda kalo sekarang hari batik? :)))

saryadinilan mengatakan...

film pemberontakan g30s PKI katanya di kekasaya menurut salah satu sumber di tv benar gak?love,peace and gaul.

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

sejarah jangan sampai terlupakan

IbuDini mengatakan...

akibatnya gak pernah ikut upacara lagi atau bukan anak sekolahan lagi kali ya Om.

Saya awalnya inget tapi begitu hari H justru lupa, untuknya saya salah satu ibu rumah tangga yg suka nonton berita..hehhehe jadi ya meskipun telat taunya tapi paling tidak ingat...(jadi malu )

Muhammad A Vip mengatakan...

hilsya:emang dasar lupa!
vira:oke oke
Baha;sakit tau!
raden mas edi:sama-sama
alkatro:semua untung, semua rugi lho
[L]ain:alah...dasar anak jaman sekarang, andalannya tipi
zone:sudah jadi penyakit hebat
rio:saya yang sering nonton dulu juga sudah lupa
pakde:sejarah tak menghasilkan apa-apa ya pakde?penghuni 60:namanya juga film, rekayasa sudah pasti, tapi bahwa pernah ada peristiwa G 30 S itu layak untuk disimak
ReBorn:lha...yang ilegal di sini kan halal
Nuell;payah
niee:ya sudah, sama sama
Ami:harus diragukan memang
Ria:nonton di tipi sih...
sukro:tidak!
sarya:hahaha
Lidya:mestinya bu

Lyliana Thia mengatakan...

Aku gak lupa kalo kemarin tgl 1 okt itu Hari Kesaktian Pancasila krn org rumah msh pd upacara.. :-D

Ttg topik G30S/PKI.. Aku gak punya komen.. Topiknya sensitif bgt, hehe..