Rabu, 09 November 2011

Ada Berapa Pahlawan Nasional Kita?

Besok Hari Pahlawan. Ada yang tak tahu besok tanggal 10 November Hari Pahlawan? Kalau ada yang tidak tahu, tak apa-apa, bisa dimaklumi selama anda tidak membunuh atau mengganggu ketertiban umum. Sebab kalau anda membunuh, apalagi yang anda bunuh keluarga polisi, sudah pasti anda akan menyesal pernah lahir ke bumi ini.


Besok,dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ada himbauan kepada segenap anak bangsa pada pukul 08.15 dalam keadaan apapun di manapun agar melakukan hening cipta selama 60 detik. Jadi bagi anda yang pada jam itu biasa sedang mengendarai sepeda motor atau mobil, besok lebih baik minggir sebentar untuk sekedar mengheningkan cipta daripada mengheningkan cipta sambil ngebut lalu menabrak penyebrang jalan yang mungkin tengah mengheningkan cipta juga. Semua demi mengenang para pahlawan yang dulu telah mengorbankan jiwa dan raganya demi kemerdekaan negri ini.

Apakah pahlawan adalah mereka yang mengorbankan jiwa dan raganya demi kemerdekaan negri ini di masa lampau? Rasanya tidak, karena ternyata banyak juga orang yang hidup di jaman setelah kemerdekaan diusulkan jadi pahlawan nasional. Seperti Gus Dur, banyak yang mengusulkan beliau agar dijadikan pahlawan. Mashabi, penulis lagu dan penyanyi melayu asal Jakarta juga diusulkan oleh para tokoh Betawi agar menjadi pahlawan. Dan tentu masih banyak lagi orang yang dianggap layak jadi pahlawan nasional oleh sekelompok orang.

Dengan terus bertambahnya pahlawan nasional, rasanya akan kian sulit menghapal pahlawan nasional kita. Dulu jaman saya kecil pahlawan nasional yang saya kenal tak begitu banyak, nama-nama seperti Pangeran Diponegoro, Patimura, Sultan Hasanuddin rasanya hampir semua anak-anak seangkatan saya kenal dengan beliau. Pahlawan Revolusi pun masih hapal dan mudah membayangkan wajah satu per satunya. Tapi bagaimana untuk generasi mendatang, rasanya kasihan kalau harus menghapal nama-nama pahlawan nasional karena jumlahnya yang tiap tahun tambah.

Sebenarnya apa butuhnya kita akan pahlawan? Mungkin keteladanan, tapi kenapa harus begitu banyak teladan sementara mereka begitu jauh jaraknya dengan hidup kita di masa kini. Kenapa tak cukup dengan yang ada biar lebih mudah disebut, lalu untuk yang belakangan cukup diberi penghargaan dengan bintang jasa atau apalah. Tapi entahlah, saya sendiri pengin jadi pahlawan nasional. Apakah anda juga?

37 komentar:

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

waduh gak inget hehee

ToPu mengatakan...

Ada banyak bangets tuh, tapi yang jelas untuk mengenang jasa mereka marilah kita mengheningkan cipta.. loh....

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

lihat saja di poster nama-nama pahlawan :)

Zulfadhli's Family mengatakan...

Dear.

1. salam kenal dulu deh
2. iyaaa.. saya kemarena dengar bahwa benyamin suaeb juga udah positif menjadi pahlawan loohhh


regards.
... Ayah Double Zee ...

NuellubiS mengatakan...

jumlah pahlawan di indonesia itu .....

ratusannn,

LEBIH!!!

:D

Fiction's World mengatakan...

hee iya ya besok kan hari pahlawan, duh harinya aja lupa apalagi jumlah dan nama2nya :P

Tiva Fatimah Keizer mengatakan...

Oalaaahh Hari Pahlawan ternyata, kemaren sempet bingung ditanyain hari jumat ada upacara apa... wkwkwk

Akmal Fahrurizal mengatakan...

keingetan kalo besok Hari Pahlawan. :D

08.15 besok sih pas saya lagi ujian, jadi mau gak mau harus hening. :D

socafahreza's blog mengatakan...

banyak banget pastinya..
tapi bagi saya yang mpaling mengena adalah Bung Tomo..
Surabaya rekk :D

socafahreza's blog mengatakan...

banyak banget pastinya..
tapi bagi saya yang mpaling mengena adalah Bung Tomo..
Surabaya rekk :D

socafahreza's blog mengatakan...

banyak banget pastinya..
tapi bagi saya yang mpaling mengena adalah Bung Tomo..
Surabaya rekk :D

yayack faqih mengatakan...

ya baru2 ini presiden kita sudah memberi gelar pahlawan baru.

di hari pahlawan, ternyata kita msh merasa belum merdeka dari penjajah para koruptor di negeri ini. semoga menjadi perenungan karena bangsa kita sedang di rongrong dan mudah di adu domba. waspadalah !!

Claude C Kenni mengatakan...

Gua ingetnya tuh besok hari ultah temen gua, hehehe

Claude C Kenni mengatakan...

Gua ingetnya besok tuh hari ultah temen baek gua aka traktiran gratis, hahahaha

rabest mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
rabest mengatakan...

ealah..pas masih SD aja saya nggak hapal semuanya og..paling yang mencolok aja..nek nambah lagi, piye je..hehhe.. :D

Urkhan mengatakan...

mas, jujur, daripada semua itu saya saja lupa hari pahlawan aja kapan. #miris

21inchs mengatakan...

Saya orangnya simple kok; saya akan merasa bahagia kalo bisa menjadi pahlawan di keluarga saya aja deh, menjadi pahlawan bagi anak2 saya, istri saya, dan keluarga saya...

arqu3fiq mengatakan...

Ada berapa ya? dulu pelajaran sejarah pas SD gue gak hafal, sekarang lupa.

r10 mengatakan...

pahlawan ada banyak dan pahlawan sejati ga butuh pengakuan dari negara :)

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

aku lupa klo hari ini hari pahlawan :p baru keinget pas nt berita tadi siang

attayaya-bono mengatakan...

hmmm kalo aku jadi pahlawan....
apa kata dunia???

Adini mengatakan...

Gak inget Om, ada berapa pahlawan kita....dulu ada ya daftar nama-nama pahlawan tapi skg kayaknya udah bertambah dech...Apa bener sih

iam mengatakan...

Wow! Saya jadi pahlawan nasional? Hmm.. entahlah, tapi saya tertarik :p

Kevin mengatakan...

sama seperti komentator pertama.
sudah lupa pelajaran sejarah jadi lupa berapa jumlah pahlawan nasional kita sekarang hehe.
oh iya, saya sudah follow blognya.
maaf baru bisa follow sekarang karena selama ini bw pakai hp.

CORETAN HIDUP mengatakan...

Kalau menurutku, untuk bisa disebut sbg pahlawan nasional maka seseorang tsb harus bisa membuat perubahan yang signifikan untuk kemashalatan orang banyak tentunya :)

catatan kecilku mengatakan...

Banyak sekali pahlawan nasional kita... Kalau pahlawan revolusi kan 7 orang itu aja ya? *eh, benar gak sih?*

the others... mengatakan...

Ayo... buka buku. Kerjain PRnya. Besok harus sudah dikumpulkan jawabannya tentang barapa pahlawan nasional Indonesia. OK?!

[L]ain mengatakan...

iya dong, gua pahlawan buat diri gua sendiri. Ngejaga biar nggak ngelakuin hal-hal jelek.

niee mengatakan...

Yaa pahlawan bagi aku seh ibu sm bapak aja deh :p

HALAMAN PUTIH mengatakan...

Kalau sebutan pahlawan itu sekarang lebih luas lagi berarti ada banyak sekali. Ada pahlawan nasional penyelamat lingkungan, pahlawan nasional pembangunan, dsb. Yang belom ada pahlawan pemberantas korupsi secara tuntas sampai ke akarnya.

attayaya-bono mengatakan...

tadi siang ponakan2ku yang SMP lagi sibuk mencari "nama2 organisasi pergerakan nasional"
wuiiih banyak rupanya

Popi mengatakan...

sampai sekarang Pahlawan yg paling berkesan bagiku ada 2:
Orangtua dan Guru...

alkatro misteri mengatakan...

pahlawan itu ya ada 4;
pertama, orang tidak menyadari bahwa dirinya adalah pahlawan
yang kedua ketiga dan keempat adalah
simbahku, simbokku dan bapakku :D

Tomo mengatakan...

berapapun jumlahnya mari kita kenang jasanya
bisa lebih dariitu

Mulyani - Ibunya Dini mengatakan...

Belum ada postingan terbaru Om....
Moga sehat selalu ya

Lina Marliana mengatakan...

banyak banget... ada yg bertanda jasa dan ada yg tidak bertanda jasa.. Aku rasa semua orang menjadi pahlawan bagi dirinya sendiri dan keluarga.. bener ga ? :)