Selasa, 01 November 2011

Sea Games Bikin Macet Bikin Libur

Saya sendiri tak terlalu tertarik dengan event dua tahunan ini, entah mengapa saya lebih asyik memikirkan hasil-hasil pertandingan Liga Inggris. Sea Games, pesta olah raga negara-negara Asia Tenggara yang sudah berlangsung dua puluh lima kali dan kini yang rencananya akan berlangsung dari tanggal 11 sampai 22 November 2011 di Jakarta dan Palembang tentu saja adalah yang ke dua puluh enam. Entah sudah seperti apa persiapannya, konon sedang ada arak-arakan membawa obor yang nanti pada saat pembukaan akan digunakan untuk membakar arang bathok di senayan, yang menurut kabar dari tetangga akan ada acara bakar sate rame-rame (bener enggak sih?)


Walau acara ini tak dipusatkan di Jakarta, tapi karena Ibukota tercinta ini sudah terkenal jalanannya sering macet maka sudah banyak yang memastikan Sea Games akan menambah lalu lintas di Jakarta tambah macet. Maka para pengurus kota megapolitan ini pun tampaknya melakukan antisipasi agar kemacetan yang ternyata sulit diatasi nanti tidak mempermalukan kita di mata para tamu peserta yang datang dari sebelas negara tetangga. Salah satu cara mengatasi kemacetan itu adalah dengan meliburkan anak sekolah. 

Soal libur, negri ini memang tempatnya orang liburan. Di Jalan Jaksa, setiap hari banyak turis minum-minum di warung-warung pinggir jalan yang pasti mereka sedang berlibur. Jalanan macet pada jam kerja juga pasti karena banyak orang yang libur kerja. Jadi tidak aneh kalau muncul putusan meliburkan anak sekolah saat ada pagelaran Sea Games. Otak kita otak libur.

Entah benar atau tidak tuduhan saya bahwa keputusan meliburkan anak sekolah karena anak-anak sekolah dianggap sebagai penyebab kemacetan. Atau jangan-jangan maksudnya adalah agar anak-anak sekolah bisa menonton Sea Games dengan harapan anak-anak itu bisa meneladani semangat para atlet yang bertanding nanti. Tapi saya belum mendengar kabar ada tiket gratis untuk anak-anak sekolah di Jakarta. Atau nontonnya cukup di televisi? 

Tapi libur yang direncanakan cuma lima hari, artinya bukan agar anak sekolah menonton pertandingan-pertandingan karena Sea Games berlangsung sepuluh hari, lalu untuk apa? Ya itu tadi, agar ketika tamu-tamu dari negara tetangga datang mereka tidak terjebak kemacetan karena laju kendaraan mereka dihadang anak-anak sekolah yang sering berkeliaran di jalanan dan tawuran. Sebagai tuan rumah yang baik jelas harus menyambut tamu dengan sebaik-baiknya. Persoalan ketika nanti saat pulang kepala mereka benjut-benjut karena dilempari batu urusan belakangan. Ya, toh?

Saudara sekalian, beginilah kalau membicarakan negri ini, suka ngelantur dan tak jelas apa maunya. Pokonya saya setuju saja diadakan Sea Games di Jakarta, sepanjang tahun juga tidak apa-apa, biar pedagang asongan bisa laku dagangannya dan liburan bisa ditularkan ke seluruh warga, tak cuma untuk anak-anak sekolah.

23 komentar:

CORETAN HIDUP mengatakan...

Waktu tahun 2008 silam, di Kotaku diadakan PON lho. Dan luar biasa sekali masyarakatnya menyambut event tsb. Enrahlah ya kalau sea games. Mungkin adem ayem aja kali ya :)

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

lama amat liburnya ya

Muhammad A Vip mengatakan...

Ifan:Sea Games kan lebih besar event-nya dari PON. harusnya lebih heboh
Fani:lama dong, biar puas

21inchs mengatakan...

suka main ke jalan jaksa, mas?

socafahreza's blog mengatakan...

ya moga2 aja Indonesia bisa menang Sea Gamesnya :)..

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

Ayo Indonesia pasti bisa :)

rusydi hikmawan mengatakan...

yang penting libur dulu lah. anak2 sekolah demen libur, he

Baha Andes mengatakan...

waduh lama buanget ga mamipir sini maaaf ya kawan...

Sea Games atau event2 memang mempunyai dampak positif dan negatif. tapi menurut aku jangan terlalu menonjolkan dampak negatifnya, justru dari kemacetan inilah seharusnya pemerintah bisa lebih berbenar bagamana caranya agar tidak macet dan menyediakan transportasi dan jalan yg lebih baik.

HALAMAN PUTIH mengatakan...

Even untuk bagi-bagi rjeki bagi kaum pedagang. Berharap saja Indonesia mampu menjadi raja seperti dulu

r10 mengatakan...

paling indonesia juara umum, biasalah tuan rumah sea games dimana-mana suka curang :D

R10 TAR mengatakan...

aku ga suka sama pekerjaan gorong-gorong di jalan Sudirman, waktunya kok bentrok sea games

bikin macet dan bukti pemerintah gagal mmbuat sinkronisasi antar proyek

Urkhan mengatakan...

untuk kali ini mungkin bisa dilihat benefitnya mas, kan lumayan bisa menaikkan kekompakan bangsa untuk mendukung.. haha #SotoyBerat

rabest mengatakan...

oooo...anak2 sekolah pada diliburin gara-gara sea games toooh..sayang sekali....

Muhammad A Vip mengatakan...

soca:menang apanya?
Lidya:indonesia gitu lho
rusydi:tentu
Baha:keasyikan makan pecel lele ya?
Halaman:ya, semoga
Rio:hahaha
urkhan:dukung sampe melengkung
rabest:sayang niye

attayaya-green mengatakan...

lha kalo anak sekolah diliburkan, ntar mereka kelahi antar kampung.
lhaaa liburan ga ada kerjaan
enakan tawuran rame-rame

IbuDini mengatakan...

Bang Atta bisa aja, ketahuan kalau pelajar kita suka tawuran..

libur bukannya nonton tapi malah liburan, tambah macet juga jalannya...beda kalau pekerja di liburkan tapi gaji jalan..nah pasti gak macet jakartanya..heheheh

moga kita bisa bernasib baik di sea games nanti

Diary Kecilku mengatakan...

Anak-anak pada seneng aja kalau udahd i liburin sekolah, karna bisa main sepuasnya.

moga kita bisa mendapat banyak prestasi di sea games tahun ini ya Om.

Om alamat blognya ganti, jangan lupa di ganti juga ya...
biasa ibu2 ini sedang banyak maunya.

joe mengatakan...

dan sea games juga telah menjadi ladang korupsi ...

arqu3fiq mengatakan...

Yah...apa pun yang terjai, tetap kita dukung Atlit Indonesia dalam ajang Sea Games Supaya menang mendapatkan medali Emas semua. Amien.

edi wijoyo kusumo mengatakan...

Ngemeng2 soal libur, sekolah di indonesia tuh masih kalah sama sekolah diluar negri, bahkan kalo pas liburan musim panas, bisa sampe 3 bulan lho liburannya.. Enak bgt kan?? :p

eniwei, semoga lancar n sukses aja deh sea gamesnya.. :)

catatan kecilku mengatakan...

Emangnya kalau anak2 sekolah libur jalanan juga sepi? Padahal saat libur anak2 sekolah itu sibuk keluar rumah utk hangout bersama teman2 yg lain ke tempat2 umum spt Mall dsb. Sama aja memenuhi jalan kan? hehehe

NuellubiS mengatakan...

sayang saya bukan anak sekolah lagi.... hehehe :D

alkatro mengatakan...

biar pedagang asongan bisa laku dagangannya , setuju tenan mas, asalkan mereka tidak 'diusilin' sma orang seragam; karena ane juga tukang asongan juga :D