Sabtu, 10 Maret 2012

Indonesia Ngalah Lagi, Apa Mau Dikata

Pertandingan final sepakbola Piala Hasanal Bolkiah 2012 yang berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Brunei Darussalam benar-benar diluar prediksi. Meski biasanya tuan rumah selalu diunggulkan, mengingat selama ini Brunei tak pernah lebih baik dari Indonesia dalam capaiannya di sepakbola maka saya sudah yakin saja Indonesia pemenangnya. Apalagi penampilan Timnas U21 dengan Andik Vermansyah-nya banyak yang bilang lebih bagus dari senior mereka. Tapi apa mau dikata...


Brunei si kecil mungil yang selama ini saya anggap sebagai anak bawang ternyata mengalahkan Indonesia juga. Pasti lebih banyak orang yang memprediksi Indonesia menang semalam seperti saya, karena tak ada kepastian bahwa setiap tuan rumah pasti juara kan? Indonesia kemarin lalu sebagai tuan rumah, tidak juara. Tapi apa mau dikata...

Saya tidak menganggap kalau kekalahan semalam sebagai kekalahan dalam kemampuan bermain sepakbola, apalagi kalah dalam hal kesaktian para dukun yang berada di luar lapangan. Soal pemain hebat berbakat, jelas Indonesia punya beratus kali lipat lebih banyak dari yang ada di Brunei. Soal dukun, jangan tanya ada berapa juta dukun yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Pokoknya untuk dunia dukun Indonesia dipastikan yang teratas, dari dukun cabul sampai dukun beranak; dari dukun santet sampai dukun ngepet gampang ditemui. Jadi sekali lagi saya yakin kalau Timnas kita mengalah, tentu sebagai ekspresi kebesaran jiwa sebagaimana pernah saya uraikan dulu. Apa mau dikata...

Mengalah bukan berarti kalah kan? Ungkapan ini sering saya dengar di masyarakat, entah apakah ungkapan semacam ini ada di luar Indonesia atau tidak, yang jelas sebagai anak bangsa saya akrab dengannya. Dan bagi saya itu benar, orang kalah itu orang yang ingin menang tapi kemudian tak mampu, sedang orang mengalah itu sesungguhnya mampu menang tapi kalah karena memang kalah (hehehe). Jadi... apa mau dikata!

Gambar: KOMPAS bola

22 komentar:

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

kenapa ya selalu di final kalah
sebelum final tampilnya cemerlang :(

Fajar mengatakan...

kecewa juga sih om.. soalnya sama brunei..kok bisa kalah.. kalau dengan negara lain sih mungkin.. agak maklum.. yach..itulah..bola itu bundar..

iwan mengatakan...

lucu baca postingannya ..apalagi tentang dukunnya..jadi kekalahan tadi malam karena apa bang, karena pemainnya, karena PSSI nya..atau karena dukunnya?

choirul mengatakan...

ya sudah deh g masalah kalah terus.. ha ha ha :D

soale saya g nonton jadi ya sudah

blog kecil mengatakan...

ntah kanapa tuch indo selalu kalah difinal

arqu3fiq mengatakan...

Yah...semoga Indonesia banyak belajar lagi.

Claude C Kenni mengatakan...

Gua bukan fans bola tapi kalo gua liat sekilas Indo tuh kalah dalam hal teamworknya...

Muhammad A Vip mengatakan...

Ria:Tuhan sedang menguji kesabaran kita
Fajar:bolanya kemarin katanya lonjong
iwan:bukan,itu kehendak Tuhan
Choirul:payah...
Blog kecil:kehendak Tuhan
arqu:belajar terus...
claude:mask sih?

Dihas Enrico mengatakan...

yah indonesia emang sekarang lg ga oke sih maennya....
(emang pernah oke..??)

kang ya2n mengatakan...

bingung juga sebanrnya ap yang terjadi pada timnas indonesia dan PSSI

knpa slalu begitu

masak hanya dengan brunai indonesia harus kalah

Alwand Ahmad Urkhan mengatakan...

bneran deh mas, bikin skripsi aja apa. Analisa dan perancangan kemenangan pada timnas indonesia :)))))))))

anak smp mengatakan...

kayaknya kalo kesebelasan dukun yang main, bakal menang ya mas hehehe

al mengatakan...

lagi pura pura kalah itu mas, besok kan menang.. kalo gak besoknya lagi :D

niee mengatakan...

Tapi semenjak indonesia kalah 'hanya' melawan brunei jadi aku berfikir sepertinya indonesia belum siap masuk final yak.. kalah terus diujung >.<

Ratnawati Utami mengatakan...

kalo ngobrol dengan pengurus olahraga, dana sepakbola gedhe banget loh.. sementara sofbol dana pasti mepet... yang penting hepi sajalah

Rawins Mumet mengatakan...

kok ngalah sih..?
menghibur diri yo om..

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

belum waktunya jadi juara :)

obat sakit 2011 mengatakan...

yah kalah lagi dan lagi
kapan menangnya ya

Popi mengatakan...

kalo pake dukun masih ga mempan, mending di-Rukiyah aja tuh para pemainnya!

Susu Segar mengatakan...

aseeekkkk indo kalah. . . . makin rame aja jadinya wkwkwkkwk

R10 mengatakan...

kenapa ga mikir begini, brunei kan juga ngalahin tim2 kuat sebelum melaju ke final :p

Fiction's World mengatakan...

whoaaa udah lama gg liat tv, kalah lagi ya ckckck