Senin, 24 Maret 2014

Hello Kitty dari Jepang Toh?

Hello Kitty ternyata dari Jepang. Saya baru tahu tadi siang saat mengunjungi Galeri Nasional, di sana sedang ada pameran Budaya Pop Jepang. Pameran Japan: Kingdom of Characters yang berlangsung dari tanggal 4 Maret sampai 23 Maret 2014 itu meski tak menampilkan seluruh karakter dunia hiburan Jepang tapi lumayan membuat saya menyadari sesuatu yang selama ini saya anggap remeh. Saya merasa meremehkan karena meski telah menonton banyak film kartun Jepang dan ingat beberapa nama tokoh-tokohnya tapi tak merasa antusias untuk menontonnya. Biasa-biasa sajalah, atau lebih karena terpengaruh oleh lingkungan.

Sejak kecil sudah tak terhitung film kartun Jepang yang saya tonton.Tak hanya film kartun, film serial televisi yang menampilkan robot-robot seperti Voltus, Ultraman pun sudah lama akrab, tapi sejauh saya mengenal karakter-karakter itu tak pernah saya memiliki kekaguman seperti kagumnya saya pada tokoh-tokoh yang dikembangkan  Walt Disney. Saya tak pernah tertarik pada Manga, tapi bagaimana Micky Mouse dibuat pada masa awal masih tetap membuat saya kagum.



Mickey Mouse, Donald Duck, Yogi, Pluto, setiap kali mendengar nama mereka atau melihatnya pasti akan melintas banyak adegan-adegan lucu yang pernah saya tonton. Suara mereka yang khas, kepribadiannya yang jelas saya kira nilai lebih mereka jika dibanding tokoh kartun Jepang. Saya tahu Doraemon, tapi tak ada yang membekas di benak saya. Sedangkan setiap ingat Sinchan yang ada di bayangan saya justru Oni "Tuyul" yang jadi dubber-nya.
Seperti Hello Kitty, saya tahu karakter ini karena ada di buku tulis. Hallo Kitty ada di tempat pensil, ada di tas, di kaos tapi saya tak tahu itu tokoh film kartun. Dan seperti saya katakan di awal, saya kaget mengetahui kalau itu dari Jepang.  Jepang ternyata punya banyak tokoh kartun terkenal, bentuknya juga lucu-lucu. Tapi rasanya tak ada yang membuat saya benar-benar terpikat. 
Dari semua itu yang sedikit mencengangkan, ternyata industri ini sudah berkembang sejak tahun 50an. Dan karakter-karakter itu begitu membumi di sana.

Namun rasanya Walt Disney sulit untuk dikalahkan.

12 komentar:

Anthonie E. Pratama mengatakan...

oh jadi hello kitty berasal dari jepang yah mas, saya udah sering lihat hello kitty tapi nggak pernah tahu asalnya dari mana, makasih sharingnya mas :)

Muhammad Affip mengatakan...

ternyata bukan cuma saya yang baru melek

Obat Sakit mengatakan...

saya baru nyadar saat ini kalo dari jepang bang
bukannya dari amrik

Seputar Dunia Ponsel dan HP mengatakan...

masih hebat walt disney bang
hello kitty kurang populer

Purnomo Jr mengatakan...

Saya dulu paling suka serial lion man

PRofijo mengatakan...

Anakku paling seneng sama hello kitty. Boneka, bantal, jam mayoritas ada unsur Hello Kitty nya! :)

Muhammad Affip mengatakan...

Tomo: jepang punya semangat luar biasa buat mengalahkan amerika dlm hal ini
Purnomo: lionman kayaknya saya pernah tahu, cuma kayak apa ya?

Muhammad Affip mengatakan...

Profijo: sayang pamerannya sudah tutup, coba kemaren ke sana, ada Hello Kitty gede

Febri Gamesoft - www.mas-feb.com mengatakan...

hello kitty dominannya perempuan..gak ada yang laki2 ..,
izin follow blognya ditunggu follbacknya

Muhammad Affip mengatakan...

Febri: Hello Kitty emang cewe, tapi rasanya kalo liat di sampul buku tulis tak keliatan alat kelaminnya hihi

Joe Ismail mengatakan...

dari aku kecil sampai dewasa gini tetep jadi kitty terus ya...

iGaligo mengatakan...

Oh rupanya dari Jepang ya, memang sih karakternya agak mirip