Senin, 06 April 2015

...dan Keyboard Pun Bermasalah

Begini nasib jadi bujangan… eh bukan, tapi ini tentang nasibku sebagai orang yang tak punya pengetahuan memadai tentang komputer. Bertahun-tahun kenal komputer hanya bisa mengoprasikan saja, itu pun sekedar membuat dokumen, mendengarkan musik dan nonton film. Maka ketika muncul masalah yang bisa kulakukan cuma bertanya ngalor-ngidul dan hasilnya bengong karena bingung.


Soal masalah dengan komputer yang baru aku alami begini singkat ceritanya: sebelum akhirnya kini keyboard tak bisa digunakan lagi, ada rangkaian peristiwa dimana beberapa program mengalami gangguan dalam pengoprasian. Kira-kira setahun lalu, Winamp meski masih bisa memutar lagu tapi antarmukanya tidak muncul. Kemudian beberapa bulan kemudian CorelDraw tak bisa menyimpan dokumen yang baru dibuat. Kelanjutannya wifi gak mau connect. Lalu disusul Windows Media Player yang walaupun bisa memutar film tapi yang tampak di layar seperti sekumpulan orang sedang kesurupan. Dan di akhir ceritanya keyboard ngadat, yaitu beberapa hurufnya tak berfungsi.

Untuk kasus yang terakhir, ada sesuatu yang menurutku aneh dan bikin bingung. Kebingungan yang aku alami adalah karena huruf-huruf yang tak berfungsi itu (u, I, o) tidak muncul di layar saat diketik hanya pada waktu membuat dokumen baru, tapi saat mengedit dokumen yang telah tersimpan seperti tak ada masalah. Maka kuyakinkan diri saja bahwa masalahnya ada pada Windows dan harus instal ulang.

Instal ulang sukses, namun keyboard justru divonis rusak dan atas inisiatif sendiri si tukang instal keybord tidak difungsikan. Kata tukang instal ada yang korslet atau apa dan sebagai solusi ditawarilah aku yang gaptek ini keybord eksternal. Untungnya ada keyboard di rumah, jadi rayuan pedagang itu tak mempan padaku.


 Jadi beginilah nasibku kini, setiap kali berhadapan dengan komputer yang tampak adalah satu lembar layar dan dua hamparan papan ketik. Mau ganti keyboard mikir-mikir, sebab rasanya beli komputer baru lebih asyik, cuma belinya pakai apa masih juga bingung (dan pastinya cerita akan terus besambung).

7 komentar:

Abdullah Al Pinrany mengatakan...

kemarin aku juga mengalami hal ini cuma komputer acer saya yang sudah 6 tahun akhirnya harus pensiun karena tidak bisa booting, memang kayaknya dia harus sudah pensiun, sudah terlalu lama menemani saya ngeblog

Muhammad Affip mengatakan...

jangan jangan punyaku minta pensiun juga

zach flazz mengatakan...

kalo untuk laptop biasanya pas kibor nggak berfungsi, pasti si tukang menganjurkan supaya ganti deh laptop deh.

zach flazz mengatakan...

tapi untuk PC biasa sih paling ganti kibor, 50 ewu bae wis ulih kan Kang?

Uyo Yahya mengatakan...

Ganti keyboard lumayan, masbro. 800rb...

Udah itu pake keyboard eksternal aja, lebih puas dipake ngetik cepet. Sama ng-Enter pakai emosi...Tak Tak Tak...

Muhammad Affip mengatakan...

zach: ini pake kibord minjem...hihi, gak usaah 50 ewu

Muhammad Affip mengatakan...

uyo: saya ditawari 400 ribu, tapi cek harga di intrnet malah gak nyampe 200 ribu