Selasa, 26 September 2017

APAKAH HUJAN MENGUSIR NYAMUK?

Beberapa minggu terakhir saya merasa begitu terganggu oleh nyamuk. Di mana-mana nyamuk seperti mengamuk, tak cuma jumlahnya yang lebih banyak serangannya pun luar biasa. Dengan ini saya jadi ingat beberapa tahun lalu saat  tinggal di darah Pulogadung di Jakarta, waktu itu juga musim kemarau, nyamuk benar-benar hebat tak bisa diatasi pakai apapun. Lotion anti nyamuk nggak mempan, obat nyamuk bakar lewat, obat nyamuk semprot moncrot, hanya kamar tertutup rapat solusinya. Kala itu seseorang bilang tinggal nunggu hujan, hujan datang nyamuk pasti habis.
 
Untuk itu saya pun menunggu-nunggu hujan turun, benar tidak hujan bisa mengusir nyamuk? Sambil menunggu hujan turun saya sempat mencari bahasan soal apakah hujan bisa mengusir nyamuk, ternyata yang saya temui justru sebaliknya, lebih banyak artikel tentang berkembangbiaknya nyamuk demam berdarah di musim hujan. Ada satu artikel tentang nyamuk takut air hujan, tapi justru penjelasannya tak sesuai harapan. Di artikel itu dikatakan nyamuk terganggu terbangnya jika kena air hujan, artinya nyamuk malah berteduh dan akan memenuhi rumah saat ada hujan kan?

Tapi entah benar atau tidak pernyataan seseorang yang dulu itu, tadi malam setelah lama menanti akhirnya datang juga hujan lumayan besar walau cuma sebentar. Dan tesis hujan mengusir nyamuk sepertinya benar karena setelah hujan turun jumlah nyamuk berkurang drastis. Entah apa yang terjadi, apakah suhu ruang mempengaruhi keberadaan nyamuk? Tadi pun saya baru bertandang ke rumah saudara, di sana yang saat kunjungan sebelumnya nyamuk sama banyak sekarang bisa dibilang tidak ada.


Kalau air hujan mengusir nyamuk dengan kenyataan yang saya alami ini sepertinya tidak tepat, karena air hujan ada di luar rumah, mestinya nyamuk jadi bertambah di dalam rumah. Lalu ada apa dengan hujan, kenapa bisa mempengaruhi jumlah nyamuk di dalam rumah?

2 komentar:

Nadia K. Putri mengatakan...

Sepertinya nyamuk betah mampir ke rumah karena hangat. Lalu mencari genangan air supaya berkembang biak.

Muhammad A Vip mengatakan...

ya, konon nyamuk suka suhu tinggi