Selasa, 14 November 2017

MUSIM PANCAROBA

Beberapa hari terakhir sering terdengar orang menyebut istilah PANCAROBA, ya maksudnya musim pancaroba tentu saja. Para guru pada musim begini akan mengingatkan para murid agar menjaga kesehatan, karena pada masa peralihan musim begini biasanya sering timbul penyakit. Hujan sudah mulai sering turun, dan para orang tua biasanya cemas isi dompetnya akan sering keluar untuk membeli obat..


Menurut perhitungan, sekarang sudah bisa dibilang musim penghujan, dan memang di beberapa daerah hujan sudah turun secara rutin. Di tempat saya masih main tebak-tebak buah manggis. Hujan biasanya turun sore hari, sedangkan pagi hari langit biru cerah dan siang matahari memanggang. Selepas Dluhur mendung baru mulai menebal dan menjelang Asar hujan  lebat disertai angin kencang turun hingga petang lalu gerimis sampai malam hari.

Hari ini tak ada hujan, hanya gerimis kecil sebentar-sebentar. Padahal saya sudah siap menikmati hujan sambil menghitung ada berapa bocor di genteng rumah. Mungkin karena musim pancaroba, masa transisi, jadi jadwalnya belum pasti. Langit sudah gelap seperti bakal turun hujan deras, eh baru gerimis kecil langit kembali terang. Kemarin  matahari panas bikin gerah, tak berapa lama tiba-tiba gelap dan hujan lebat disertai angin juga petir.

Ada yang khawatir langit sering mendung dan hujan hanya berlangsung seminggu,kemudian kering kerontang sebulan lebih. Tak aneh kekhawatiran semacam itu, soalnya beberapa tahun terakhir musim berlangsung tak menentu. Semoga saja musim hujan bener-benar hadir, sawah sudah pada kering banyak yang nganggur, buruh tani harus diberi kesempatan mengumpulkan duit agar bisa membeli obat ketika anaknya pilek dan batuk.


Beginilah hidup di kampung, masih memikirkan musim pancaroba, bagi saudara kita yang di Jakarta mungkin lain lagi pikirannya, karena menjelang bulan Desember dan Januari biasanya orang sana yang dicemaskannya adalah banjir. 

2 komentar:

Ratu Kupret mengatakan...

Daerah rumahku sih gak banjir... tapi daerah perumahan temen2ku pada banjir 😒😟😔

Muhammad Affip mengatakan...

bagus dong, maenlah ke rumah mereka