Rabu, 26 Januari 2011

Crop Circle: UFO, Manusia atau Jin?

Heboh Crop Circle di Sleman, Yogyakarta beberapa hari lewat dan kembali ditemukan di Bantul mungkin belum akan lenyap dari pemberitaan media. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sudah menyatakan dari hasil pengamatannya bahwa lingkaran yang menghebohkan itu buatan manusia. Pemberitaan siapa pelakunya juga sudah dimuat di media, jadi pasti masih akan berlajut.


Konon 80% Crop Circle yang pernah ada di luar negeri adalah buatan manusia, sisanya masih misteri. Yang paling sering disebut tentu saja UFO (Unidentified Flying Object) sebagai penyebabnya, tapi sampai sekarang pun tak ada bukti pastinya. Bertahun-tahun dilakukan penelitian ke angkasa luar sampai sekarang tak pernah ada tanda jelas bahwa ada makhluk hidup di luar bumi kita.

Kalau dipikir, kenapa kita jauh-jauh menghayal tentang adanya makhluk luar angkasa. Bukankah dari kecil kita umat beragama sudah terbiasa dengan pengetahuan adanya makhluk lain selain manusia di bumi ini yang bernama Jin. Jin memang tak bisa dilihat dengan mata telanjang, tapi tanda-tanda keberadaannya saya pikir banyak muncul selama ini. Sesuatu yang banyak menghasilkan omong kosong di kalangan orang kebanyakan sebelum munculnya cerita UFO
tentu saja.

Makhluk luar angkasa yang terkenal dengan sebutan Alien itu kalau dicermati asal katanya sebenarnya dekat dengan kata Jin. Bahkan mungkin saling menerjemahkan karena keduanya berasal dari bahasa yang berbeda. Untuk jelasnya silahkan melihat kamus. Jadi hemat saya Alien itu sebutan para ilmuwan barat untuk Jin. Cuman kemudian asalnya saja yang diandaikan dari luar angkasa karena tak ditemukan di bumi ini, tapi bagi orang beragama kenapa musti repot berandai-andai.

Jin yang dalam kitab suci dikatakan diberi umur panjang dan juga menjalani kehidupan dan beranak pinak tentu memiliki pengalaman yang luar biasa dalam banyak hal mengingat perjalanan mereka dalam waktu yang telah begitu lama. Sebagaimana manusia ada yang suka iseng mengganggu lainnya, Jin pun demikian dan banyaknya keanehan yang ditemui manusia bukan tidak mungkin adalah ulahnya.

Dan soal Piring Terbang atau UFO, saya pernah mendengar pendapat yang mengatakan itu pesawat buatan Jin. Pesawat itu tidak terbang ke angkasa tapi kembalinya ke Segitiga Bermuda. Mungkin si pemberi pendapat ini pernah membaca buku Dialog dengan Jin Muslim yang terkenal itu, yang seingat saya disebutkan istana Jin ada di dasar segitiga Bermuda itu (maaf tak bisa memastikan, saya sudah mencari bukunya tapi tak ketemu). Tapi membaca Al Qur an di Surat Al Anbiya pada bagian akhir ada cerita Nabi Sulaiman yang menguasai syetan-syetan yang bisa menyelam, rasanya ini bisa jadi rujukan.

Maka kalaupun ternyata pernyataan LAPAN salah, daripada mereka-reka tanpa data kenapa tidak memanfaatkan pengetahuan yang nyata-nyata akrab dalam hidup kita. Ada sebuah buku menarik yang rasanya layak baca untuk membantu memperjelas masalah ini . Yaitu Buku UFO: Ruh, Manusia atau Jin? Pendekatan Agama dan Saintifik atas Jin dan Fenomena Alien; Bina Ilmu; 2007. Sekian saja semoga tidak mbingungi.

22 komentar:

Winny Widyawati mengatakan...

wah terimaksih sharingnya, tidak terfikir sampai ke Jin sih fenomena crop circles ini :)

Qefy mengatakan...

Hahaha, saya kadang ketawa2 dengar berita itu. Hmm, pertama dengar dari kawan, dan liat gambarnya. Eh, tapi bagus ya beritanya menyebar pesat dan semuanya tersihir :D

joe mengatakan...

perkembagan terakhir kasus crop circle ini, konon seorang mahasiswa ugm diduga sebagai pelakunya

f4dLy :) mengatakan...

artikel yang menarik mas...
berabti jin itu alien dong?
http://f4dlyfri3nds.blogspot.com

CORETAN HIDUP mengatakan...

Bingung juga dengan fenomena ini. Memang tidak mudah siapa sebenarnya yang membuat crop circle ini. Apakah manusia atau makhluk lain yang kasat mata. Apapun itu, semoga dengan adanya crop sircle ini menjadikan kita orang yang selalu mengangungkan keindahan semesta alam ciptaan Tuhan ini

sedjatee mengatakan...

sepertinya mustahil manusia bisa bikin begitu
tapi siapa ya?
salam sukses..

sedj

catatan kecilku mengatakan...

Crop circle kemarin memang menghebohkan sekali. Walau sudah ada pernyataan dari LAPAN rupanya belum menghapus rasa penasaran banyak orang ya?

the other mengatakan...

Kalau benar crop circle itu hasil tangan2 usil.. kasihan sekali petani2 yg tanahnya dirusak demi keusilan segelintir orang.

Teras Info mengatakan...

saya masih penasaran dengan fenomena ini,...asli apa cuma rekayasa saja ya sebenarnya...???

Popi mengatakan...

bener tuh, kayaknya emang jin yg dimaksud ilmuwan barat itu! cuma mereka belum ketemu kuntilanak sama genderuwo saja ya? pasti yg dua itu juga disangka mahluk angkasa luar :D

TUKANG CoLoNG mengatakan...

itu ulah sapi dan burung..(:

Aby Tukang Download mengatakan...

saya rasa itu buatan manusia, soalnya udah banyak bukti,
tp belum yakin 100% sih
hehe

wits mengatakan...

ya, crop circle, menjadi berita terhangat di setiap siaran televisi.

Indonesia memang penuh fenomena. Pertanda apakah ini?

Muhammad A Vip mengatakan...

winny:sama-sama mbak
Qefi:saya nggak ketawa tapi menangis mas.
Joe:iya mas. semoga gak ketemu orangnya. hehe
Fadly:makasih
Ifan:mas, semua kuasa Allah
sedjatee:sudah banyak yang melakukan mas
Mbak Reni:benar kasihan, tapi siapa tahu dapat ganti
teras info:asli direkayasa. haha
Popi:Emang bener Mbak. hehe
Aby:semoga terungkap lebih jelas.
Wits:Indonesia dilawan

Aby Tukang Download mengatakan...

U Turn (1997) kan kang?
ada tapi filenya gede 1.2GB
mau?

Aby Tukang Download mengatakan...

ni kang U turn'nya :D
http://aby-umy.blogspot.com/2011/01/u-turn-1997-dvdrip.html

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah, beneran ufo gak ya

Rahmat mengatakan...

siipp

Ferdinand mengatakan...

entah siapa yg membuatnya, tapi aku gak pernah percaya sama yg namanya UFO dan Alien Sob... jadi kayanya lebih ke manusia yg buat menurutku dan cahaya yg dikira UFO bisa aja itu Senter :P

Muhammad A Vip mengatakan...

Aby:thanks bro
Fanny:bukan lah.
Rahmat:sip juga

Muhammad A Vip mengatakan...

Ferdi:okelah kalo begitu.

alkatro mengatakan...

Moh. Isa Dawud, nama penulis dari buku yang mas avip baca kan? Masalah crop circle, yg di bantul saya yakin itu bocah iseng, kalau yg di sleman: i'm not sure hehe..