Rabu, 23 Mei 2018

200 MUBALIG KEMENTERIAN AGAMA: ADA IDOLA ANDA ?


Beberapa hari yang lalu Kementerian Agama RI merilis 200 nama mubalig yang menurut Menteri Agama memenuhi tiga kriteria untuk dijadikan rujukan bagi masyarakat. Menteri Agama mengatakan di Jakarta (18/5/2018): "Selama ini, Kementerian Agama sering dimintai rekomendasi nama-nama mubalig oleh masyarakat. Belakangan, permintaan itu semakin meningkat, sehingga kami merasa perlu untuk merilis daftar nama mubalig.” Adapun tiga kriteria itu adalah: mempunyai kompetensi keilmuan agama yang mumpuni, reputasi yang baik dan mempunyai komitmen kebangsaan yang tinggi. (sumber)


Dari keterangan di atas saya rasa cukup jelas duduk masalahnya. Kementerian Agama berusaha membantu masyarakat yang belakangan terus dibikin bingung oleh makin banyaknya mubalig-mubalig karbitan (yang justru lebih popular) dan terlebih adanya kegaduhan-kegaduhan di masyarakat yang melibatkan para mubalig. Walaupun apa yang telah dilakukan Kementerian Agama ada kekurangannya, sebagai muslim yang mu’min mestilah kita khusnudzon dan membantu menyempurnakan upaya baik ini. Daftar nama itu, dikatakan merupakan rilis awal yang dihimpun dari masukan tokoh agama, ormas keagamaan, dan tokoh masyarakat. Jumlah daftar ini akan terus bertambah seiring masukan dari berbagai pihak yang artinya bersifat dinamis.

Dari nama-nama yang ada, hanya sedikit yang saya pernah melihat langsung sosoknya dan tentu saja pernah dengar ceramahnya atau membaca tulisannya. Alangkah lebih baiknya Kementerian Agama lebih lengkap dalam merilis daftar nama-nama itu. Seperti menyebut daerah tempat tinggalnya, aktifitas hariannya selain berceramah agama atau menyediakan link yang bisa telusuri oleh masyarakat.

Di bawah ini nama-nama mubalig yang sudah dirilis, silahkan dicek, mungkin idola anda terdaftar di sana.









2 komentar:

Ramadani Idaham mengatakan...

Haha...gua no comment aja hehe

Muhammad A Vip mengatakan...

ramadani: bagus, cukup nulis dikit biar ada jejak haha